Kulit Kusam Saat Pandemi, Mungkin Akibat Cara Berjemur Anda yang Salah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kulit kusam/lelah. Shutterstock.com

Ilustrasi kulit kusam/lelah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di antara sejumlah penyebab munculnya kulit kusam termasuk pada masa pandemi COVID-19 saat ini yakni cara berjemur yang salah. Hal itu disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Bamed Bintaro, Mohammad Yoga Adi Waskito. “Masalah kulit kusam juga sering terjadi akibat cara berjemur yang salah," kata dia, Kamis 16 Desember 2021.

Yoga mengatakan, beberapa cara berjemur yang benar yaitu saat kisaran UV index 3-5, sekitar 5-15 menit untuk kulit terang, 15-30 menit untuk kulit yang lebih gelap.

Berjemur pun sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu dan hanya diperlukan 15 persen bagian dari seluruh badan saja dengan pilihan area badan seperti area punggung, kedua lengan bawah, punggung tangan, dan tungkai bawah, hindari daerah wajah dan leher.

"Lindungi anggota tubuh lain dengan penggunaan topi, kacamata, dan tabir surya minimal SPF 30 PA+++ yang tahan air. Apabila sudah terjadi wajah kusam, flek atau bercak kecoklatan pada wajah dapat dikonsultasikan pada dokter spesialis dermatologi dan venereologi," ujar Yoga.

Selain kulit kusam, jerawat atau maskne juga menjadi masalah belakangan ini. Penyebabnya penggunaan masker untuk aktivitas sehari-hari lalu seringkali menimbulkan masalah jerawat atau maskne di area wajah yang tertutup oleh masker, seperti pada dagu, hidung, dan pipi bagian bawah.

Yoga mengatakan, penggunaan masker dalam waktu lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker, sehingga kulit wajah mudah berkeringat dan lembap yang menjadi sarana baik bagi kuman penyebab jerawat berkembang biak.

Pengobatan maskne sama seperti dengan jerawat pada umumnya. Beberapa tips yang harus diperhatikan dalam menggunakan masker antara lain harus mengganti masker jika sudah terlalu lembap, cuci masker kain setelah dipakai dan membersihkan wajah sebelum dan sesudah pakai masker.

Selain itu, selalu menggunakan pelembap untuk mengurangi gesekan kulit dengan masker, rutin mengoleskan tabir surya dan menghindari penggunaan make up yang terlalu tebal.

Baca: Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."