Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Kondisi kulit yang mengalami gejala dehidrasi bisa terlihat kusam dan kering. (Canva)

kecantikan

Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Senin, 3 Mei 2021 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Kondisi kulit yang tidak prima bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri. Untuk dapat mengatasi ini Anda perlu mengetahui terlebih dulu faktor yang menjadi pemicu. Ada banyak penyebab kulit kusam, termasuk kurangnya minum air hingga adanya penumpukan sel kulit mati. Berikut adalah deretan yang menjadi faktor kulit menjadi kusam dan perawatan kulit wajah untuk mengatasinya.

Dehidrasi

Kurang minum air bisa memengaruhi penampilan kulit Anda. Faktanya, satu studi tahun 2015 menemukan hubungan yang kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat. Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit Anda. Selain itu, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit Anda.

Selain minum air yang banyak, Anda juga bisa menggunakan serum asam hialuronat. Selanjutnya Anda bisa melapisinya dengan pelembab yang mengandung emolien kuat, seperti setil alkohol atau dimetikon.

“Emolien membuat lapisan tipis dan transparan di atas permukaan kulit,” kata Zoe Diana Draelos, profesor konsultan dermatologi di Duke University, kepada Allure

Baca juga: Menu Buka Puasa: Jus Seledri, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Penumpukan sel kulit mati

Kulit Anda secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk membuka jalan bagi sel-sel baru. Namun terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka membangun permukaan kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan eksfoliasi dengan lembut sekali atau dua kali seminggu. "Scrub dengan gula atau jojoba ester cukup lembut bahkan untuk kulit sensitif, dan scrub kasar dengan kulit kacang yang dihaluskan baik untuk orang lain," kata Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City, dikutip dari Allure.

Anda juga bisa melakukan peeling menggunakan asam alfa dan beta hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati. Carilah formula yang mengandung bahan yang menenangkan, seperti lidah buaya dan teh hijau, untuk meminimalkan iritasi.

Stres

Stres berperan besar dalam kecerahan kulit Anda. "Stres menyebabkan peningkatan kortisol, yang dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan [mempengaruhi] perbaikan kulit," kata Dr. Luftman. Manajemen stres sangat penting. Luangkan waktu untuk menghilangkan stres di rumah. Mengadopsi sikap yang lebih positif adalah faktor umum dan penting dalam "usia super" (wanita yang terlihat 10+ tahun lebih muda dari usia sebenarnya) menurut sebuah penelitian Olay. Selain itu, cobalah mempelajari strategi untuk menenangkan pikiran dan mengelola stres, yang akan membantu memperbaiki warna kulit Anda sekarang dan di masa depan.

Lingkungan penuh polusi 

Lingkungan Anda --seperti polutan udara, kelembapan rendah, angin kencang, dan paparan sinar UV-- bisa membuat kulit menjadi kusam. Para peneliti pernah melacak perempuan yang tinggal di daerah pedesaan dan perkotaan selama lebih dari 20 tahun dan menemukan bahwa penduduk kota lebih banyak mengalami bintik dan garis coklat.

Anda tidak perlu pindah rumah untuk menjaga kulit tetap halus dan rata. Pertama, selalu cuci muka sebelum tidur, “jika tidak, partikel polutan dapat menyumbat pori-pori” saat Anda tidur, kata Annie Chiu, M.D., direktur The Derm Institute di Redondo Beach, CA kepada Good House Keeping. Kemudian, oleskan produk antioksidan yang baik setiap pagi untuk "membersihkan radikal bebas yang kita hadapi setiap hari, yang mencegah mereka melakukan kerusakan," kata Dr. Chiu. Pakai pula SPF setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan polutan.

Jika Anda tinggal di daerah dengan kabut asap tinggi, salah satu cara untuk melawan pengaruh lingkungan Anda yang dapat menjadi penyebab kulit kusam adalah dengan berolahraga. "Aktivitas aerobik meningkatkan sirkulasi ke kulit, yang membantu dalam pertukaran nutrisi dan pembuangan racun dari sel-sel kulit kita," saran Dr. Palm. 

Baca juga: Posisi Tidur Ini Disarankan untuk Cegah Jerawat dan Kulit Kusam

ALLURE | HEALTHLINE | GOOD HOUSE KEEPING