Kiat menjadi Konten Kreator Makeup Versi Janes Cs

Janes Cs, konten kreator makeup di TikTok. Foto: Instagram/@janes_cs

karir

Kiat menjadi Konten Kreator Makeup Versi Janes Cs

Selasa, 14 Desember 2021 20:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tertarik menjadi konten kreator makeup? Bisa sontek sejumlah tips yang dibagikan TikToker Janes Cs yang jago soal makeup. Hal pertama yang disebutnya adalah mulailah mengulas dari produk makeup yang biasa dipakai. Menurutnya, berbagi pengalaman sendiri itu bisa menjadi kunci interaksi dengan pengguna media sosial lainnya.

"Bisa (mulai) dari barang yang kita punya. Lipstik yang biasa lo pakai, itu dulu aja direview," ujarnya saat ditemui dalam acara Sariayu di Jakarta Pusat, Selasa, 14 Desember 2021.

"Misal, gue biasanya pake bedak ini, bedak ini di gue, cucok ya. Kasih tau aja (kelebihannya) jadi aku kalau pake bedak ini, itu keringetan pun gak luntur bedaknya, seperti itu contohnya," sambungnya mencontohkan gaya review produk untuk pemula.

Menurut Janes, membagikan pengalaman sendiri alias honest review ibarat bercerita. Saat Anda berbagi apa adanya bisa mengundang orang-orang yang punya pengalaman sama berkisah di kolom komentar. Respons itu bisa membantu konten lebih banyak ditonton warganet lainnya.

Hal kedua yang diungkapkan Janes adalah membuat konten makeup yang benar-benar Anda sukai. Dengan begitu, Anda bahagia melakukannya dan tidak terbebani. Poin selanjutnya adalah konsisten menghasilkan konten.

Janes Cs saat ditemui dalam acara Sariayu "Smart Mom, Smart Product with Sariayu" di Roemah Kuliner, Metropole, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa, 14 Desember 2021. Foto: Cantika/Silvy Riana Putri

Dalam hal konsisten, Janes tak menutupi ada saat-saat ia dilanda bosan atau tak ada ide dalam menciptakan konten. Di saat seperti itu, Janes biasanya rehat sejenak dan melakukan kegiatan lain yang membuatnya penuh semangat.

"Aku lebih memilih berhenti sejenak. Aku taruh hp, lalu nonton sama anak-anak, pergi makan sama anak dan suami atau hal lainnya," ungkapnya. Menariknya, lanjut Janes, biasanya ide-ide baru akan datang saat beristirahat jika penat melanda. Jadi, jangan lupa istirahat sejenak, ya, imbau Janes.

Sebelum menjadi konten kreator, Janes Cs merupakan presenter dan produser di salah satu stasiun televisi swasta selama tujuh tahun, 2011-2017. Ia kemudian memilih menjadi ibu rumah tangga dan fokus mengurusi mendiang ibunya yang sakit saat itu. Selama itu, ia mengaku tidak berdandan seperti biasanya.

"Hampir tiga tahun tuh, aku gak dandan. Bener-bener dasteran doang, ke pasar ke rumah," ucap ibu dua putra itu.

Baru di tahun 2020, ia yang sedang jalani S2 tergerak untuk tampil seperti dirinya yang dulu, dengan riasan lengkap. Apa pemicunya? Video transisi ibu-ibu memakai daster menjadi wanita tampil modis di TikTok yang menggerakkan hatinya untuk tampil mengenakan riasan kembali bahkan membuat konten makeup.

"Pas lihat video itu aku nangis, i miss that moment. Ketika aku bisa apresiasi diri sendiri dengan berdandan, aku kangen. Ternyata pas aku bikin konten dandan, i feel happy," ujarnya.

Video pertama yang dibuatnya adalah tampilan sebelum dan sesudah makeup. Responsnya pun membahagiakan, video tersebut ditonton 1 juta orang.

Sejak Juni 2020, ia konsisten membuat konten makeup. Pada Januari 2021, akun TikTok-nya terverifikasi dengan jumlah pengikut 600 ribu orang. Saat ini, jumlah pengikutnya di TikTok mencapai 2,4 juta. Sebagai konten kreator makeup, ia mengaku sudah banyak bekerja sama dengan berbagai merek kecantikan dan hasilnya bisa dinikmati bersama keluarga. 

Baca juga: Tasya Farasya Bagi Tips Jadi Beauty Vlogger