Kiat Makan Bersama di Masa Pandemi Menurut Dokter, Lepas Masker Bergantian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi makan bersama. shutterstock.com

Ilustrasi makan bersama. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa pandemi, ada sejumlah adaptasi kebiasaan baru yang kita lakukan guna mencegah penularan Covid-19. Selain memakai masker dan mencuci tangan saat beraktivitas, ada pula kiat khusus makan bersama saat pandemi. Kuncinya, makan tak serempak.

"Kalau mau makan bersama lepas maskernya bergantian," imbau Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes Prov. DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama, MKM, dalam acara daring kesehatan, Senin, 13 Desember 2021.

"Kita tetap bisa bercengkerama dengan teman. Saat teman makan, kita bisa pakai masker (bergantian)," sambungnya.

Terkait makan bersama di masa pandemi, Ketua departemen kedokteran penyakit menular di Mount Sinai South Nassau di Oceanside, New York, Aaron E. Glatt, MD mengatakan, masalah terbesar berkumpul untuk makan yakni setiap orang harus melepas masker mereka. Selain itu, percakapan yang biasanya menyertai makan dapat dengan mudah menyebarkan virus corona ke udara.

Asosiasi medis di The Texas, seperti dikutip dari Everyday Health, menyatakan makan di dalam restoran masuk kategori risiko sedang-tinggi COVID-19, dan makan malam di rumah atau menghadiri barbekyu di luar ruangan termasuk risiko sedang.

Jadi, jika Anda tak bisa menghindar dari acara makan bersama saat pandemi karena kebutuhan pekerjaan misalnya, jangan lupa untuk menerapkan kiat di atas, ya.
 
Baca juga: Makan Bersama Keluarga Bantu Cegah Anak dari Psikososial, Ini 7 Manfaat Lainnya
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."