Vaksin Booster Lindungi hingga 75 Persen dari Varian Omicron, Menurut Studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. REUTERS/Dado Ruvic

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. REUTERS/Dado Ruvic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengungkapkan bahwa suntikan vaksin booster Covid-19 memberikan sekitar 70 persen hingga 75 persen perlindungan terhadap penyakit ringan dari varian Omicron. Temuan yang dirilis pada Jumat, 11 Desember 2021, itu merupakan beberapa data paling awal tentang perlindungan terhadap Omicron di luar studi laboratorium, yang telah menunjukkan penurunan aktivitas penetralan terhadap Omicron.

Data awal dunia nyata menunjukkan bahwa sementara Omicron dapat sangat mengurangi perlindungan terhadap penyakit ringan dari vaksinasi dua dosis awal, booster memulihkan perlindungan sampai batas tertentu.

"Perkiraan awal ini harus diperlakukan dengan hati-hati, tetapi mereka menunjukkan bahwa beberapa bulan setelah suntikan kedua, ada risiko lebih besar terkena varian Omicron dibandingkan dengan strain Delta," kata Dr. Mary Ramsay, Kepala Imunisasi di UKHSA dilansir dari CNBC.

Dia menambahkan bahwa perlindungan terhadap penyakit parah diperkirakan akan tetap lebih tinggi.

"Data menunjukkan risiko ini berkurang secara signifikan setelah vaksin booster, jadi saya mendorong semua orang untuk mengambil booster mereka saat memenuhi syarat," tambahnya.

Dalam analisis terhadap 581 orang yang terinfeksi Omicron, dua dosis AstraZeneca dan Pfizer-BioNTech, vaksin memberikan tingkat perlindungan yang jauh lebih rendah terhadap infeksi simtomatik dibandingkan dengan apa yang mereka berikan terhadap delta. Namun, ketika ditingkatkan dengan dosis vaksin Pfizer, ada sekitar 70% perlindungan terhadap infeksi simtomatik bagi orang yang awalnya menerima AstraZeneca, dan sekitar 75% perlindungan bagi mereka yang menerima Pfizer. Itu dibandingkan dengan perkiraan perlindungan terhadap infeksi dari Delta setelah booster sekitar 90%.

UKHSA mengatakan bahwa, pada tren saat ini, varian Omicron akan menyumbang lebih dari 50% dari semua infeksi Covid-19 pada pertengahan Desember, dengan Inggris melebihi satu juta infeksi pada akhir bulan.


Baca juga: Berikut Gejala Covid-19 Varian Omicron bagi yang Belum Divaksin

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."