Sustainable Diet ala Agni Pratistha, Konsumsi Makanan Sehat dari Pangan Lokal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Agni Pratistha. Instagram/@agnipratistha

Agni Pratistha. Instagram/@agnipratistha

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cara kita mengonsumsi makanan dengan sampah yang dihasilkan menjadi salah satu hal yang memicu emisi karbon. Karena itu, Putri Indonesia Agni Pratistha dan keluarganya mulai membiasakan diri untuk menjalani sustainable diet dalam kehidupan sehari-hari dan meminimalisir sampah makanan.

Sustainable diet itu juga bagus untuk kesehatan kita. Bukan semata-mata untuk lingkungan saja. Tak sekadar sustainable living, sustainable diet juga menjadi cara cerdas agar nutrisi tubuh terjaga seperti yang dijalani Agni.

"Sebab menjadi vegan juga bukan berarti sustainable living, ini yang perlu jadi perhatian sebenarnya," ucap Agni melalui live Instagramnya, Jumat 3 Desember 2021.

Diet berkelanjutan menurut Agni konsepnya adalah dimana sajian makanan dengan membawa tujuan rendah karbon terhadap lingkungan yang berkontribusi pada ketahanan pangan serta kehidupan yang sehat untuk kehidupan masa datang.

Hubungannya apa yang kita tanam dan konsumsi, kemudian apa yang menjadi pertimbangan kalau kita beli makanan untuk keluarga, nutrisi dan bahan organik misalnya.

Selain istirahat yang cukup dan olahraga teratur, pola makan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kualitas hidup kita. Karena itu, setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh harus diperhitungkan dengan baik.

Memakan makanan sampai habis berarti tidak menciptakan sampah makanan atau zero waste, sehingga dapat menurunkan emisi karbon dan menghambat laju perubahan iklim.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan menu apa yang ada di dalam piring makanan. Dengan sustainable diet, aku dan keluarga memilih hanya mengkonsumsi makanan sehat dari pangan lokal yang beragam dan ramah lingkungan.

Menu pangan lokal yang dimaksud ragamnya antara lain terong India yang dipanggang di wajan pakai sedikit garam, ayam balur bawang putih dipanggang pakai saus kacang, honje, dan cabai besar. Lalu ada ubi ungu kukus yang disiram kaldu ayam dari roast chicken.

"Dengan perubahan yang aku lakukan, aku berharap bisa berkontribusi untuk generasi yang akan datang untuk kehidupan yang lebih baik," harap ibu tiga anak ini.

Baca: Utamakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Ini Langkah Mudah Agni Pratistha

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."