Pandemi Covid-19 Mengubah Tren Desain Rumah, 4 Hal Ini Jadi Penting

Ren Katili, Arsitek bersama Arlisa Ardhiani, Marketing Manager Beko Indonesia/Beko

keluarga

Pandemi Covid-19 Mengubah Tren Desain Rumah, 4 Hal Ini Jadi Penting

Senin, 22 November 2021 08:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaPandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada kehidupan masyarakat. Salah satu yang terkena dampak adalah hubungan manusia dengan area rumah. Prioritas terkait desain rumah pun mulai bergeser, dimana faktor kebersihan, fungsionalitas dan well-being menjadi fokus utama, dan membentuk tren desain rumah masa depan.

Kehadiran area-area seperti powder room dan built-in closet nyatanya dipicu dari kehadiran pandemi flu pada 1918. Area powder room hadir sebagai tempat membersihkan diri sebelum memasuki area utama rumah, sedangkan built-in closet diciptakan untuk memisahkan pakaian-pakaian dari orang dalam rumah, untuk mengurangi paparan debu.

Arsitek, Ren Katili menyampaikan saat ini, orientasi masyarakat dalam membangun rumah tinggal tak hanya fokus pada keindahan tampilan, namun lebih fokus pada faktor kenyamanan dan kesehatan. Area rumah yang memungkinkan penghuninya menjalani berbagai aktivitas di rumah dengan aman dan nyaman, tentu kian diharapkan. "Tak kalah penting, adalah bagaimana area terbuka dan sanitasi menjadi kebutuhan baru bagi masyarakat. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, selain memperhatikan perencanaan tata ruang, pemilihan perangkat rumah tangga menjadi faktor yang dapat mendukung terciptanya rumah masa depan yang sehat dan selaras dengan kebutuhan penghuninya,” kata Ren dalam konferensi virtual pada 15 November 2021.

Brand Beko, ikut membantu penggunanya menjalani hidup yang lebih sehat, serta hadir dengan tampilan menawan untuk mendukung tren desain rumah masa depan. Country General Manager Beko Indonesia, Ali Cagri Gonculer mengatakan kesadaran untuk menjalani hidup yang lebih bersih dan sehat telah menjadi fokus masyarakat, dan semakin diakselerasi melalui kehadiran pandemi. Hal ini berimplikasi bukan hanya pada pemilihan pola hidup yang dijalani, tapi juga bagaimana menciptakan area rumah yang lebih sehat. "Sebagai wujud komitmen untuk mendampingi masyarakat dalam menjalani hidup yang lebih sehat, Beko terus menghadirkan rangkaian solusi produk rumah tangga yang berteknologi tinggi, dapat diandalkan dan hadir dengan desain kekinian. Rangkaian produk Beko meliputi mesin cuci, AC, Air Purifier, cabinet UV sterilizer, lemari es, hingga rangkaian kompor yang cerdas,” kata Ali.

Setidaknya ada 4 tren desain rumah yang muncul akibat dari kehadiran pandemi menurut Ren.

1. Area terbuka, kebutuhan semua Penyertaan area terbuka pada rumah memiliki sejumlah manfaat. Sirkulasi udara dapat mengalir lebih segar, apalagi jika diikuti dengan desain rumah yang memiliki ceiling yang tinggi. Pencahayaan yang merata juga menjadi langkah hemat energi yang dapat dilakukan. Juga, area terbuka pada rumah yang disertai beberapa tanaman sebagai area pengjhijauan, dapat memberi dampak menenangkan bagi penghuninya. Dengan demikian, adanya ruang terbuka pada rumah akan membuat rumah terasa lebih sehat, bukan hanya sehat diri tapi juga lingkungan. “Konsep seperti ini sangat tepat diterapkan di negara tropis seperti Indonesia,” kata Ren.

2. Area sanitasi jadi hakikiKesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga higienitas tak pernah setinggi ini. Aktivitas mencuci tangan, dan memastikan benda-benda yang digunakan aman dari bakteri dan virus menjadi prioritas utama saat ini. Tak ayal, area sanitasi di lingkungan rumah tengah jadi kebutuhan yang hakiki.

Perangkat sanitasi yang bukan hanya dapat membantu menghindarkan para penghuni rumah dari berbagai bakteri dan virus dari luar, tapi juga mendukung desain rumah kekinian jadi penting. Beko HygieneShield Cabinet UV Sterilizer hadir dengan teknologi UVC yang dapat membunuh 99,99 persen bakteri dan virus termasuk Human coronavirus 229E yang tengah mewabah, juga Eschercia choli, Staphylococcus aureus yang mungkin menempel di berbagai objek dari luar maupun dalam rumah seperti smartphone, kunci mobil, dompet, hingga kemasan makanan. Hadir dengan desain yang ringkas, produk ini sangat cocok ditempatkan dimanapun di area rumah.

3. Kualitas udara, jangan pandang sebelah mataBerkumpul bersama keluarga tentunya akan terasa lebih nyaman jika memiliki pendingin ruangan, apalagi ketika udara di luar sedang terik dan dirasa kurang segar. Bukan hanya memberikan kesejukan, kehadiran pendingin ruangan dan perangkat pembersih udara yang dapat mengeliminasi bakteri dan kuman, tentu menjadi nilai tambah yang tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi dengan banyaknya virus dan bakteri berbahaya yang tersebar di udara.

Perangkat pendingin ruangan dari Beko dilengkapi dengan teknologi Triple Hygiene Filter yang secara efektif mampu membantu membunuh bakteri dan kuman. Tidak hanya itu, teknologi Zone Follow dengan cerdas mampu mengatur suhu di sekitar penggunanya, berkat sensor yang tertanam pada remot - menghasilkan suhu ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan, Beko AirPurifier hadir dengan teknologi yang dapat mengurangi 99.99 persen bakteri dan virus influenza (H1N1) yang telah teruji dan mendapatkan sertfikasi dari Airmid Health Group - sebuah organisasi penelitian biomedis terkemuka di dunia.

4. Area dapur, jadi fokus baruTak kalah penting, area dapur kini jadi fokus baru dalam mendesain rumah idaman. Area dapur yang umumnya dekat dengan area makan, kerap memiliki fungsi ganda, baik sebagai area berkumpul keluarga, maupun area kerja. Perangkat elektronik di area ini juga memiliki fungsi ganda – sebagai penambah estetika area, juga mendukung anggota keluarga untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Teknologi HarvestFresh yang disematkan pada lemari es Beko, mengadaptasi tiga warna cahaya yang menyerupai siklus sinar matahari, sehingga mampu menjaga kesegaran sayur dan buah lebih lama.

Sementara kompor induksi Beko HII 9580 FHTI hadir dengan berbagai fitur memasak yang fleksibel dan menyenangkan. Kompor induksi pintar ini juga dapat terhubung dengan cooker hood HCB 93847 BXHI dengan pengaturan Hob to Hood yang secara otomatis mendeteksi seberapa banyak ventilasi yang dibutuhkan, sehingga tidak perlu khawatir akan tombol tambahan yang harus ditekan saat memasak.

Baca: Segera Bawa Penyandang Diabetes ke Dokter Bila Alami Ini