6 Tips Bercinta saat Lelah, Pilih Posisi Santai dan Melambat Saja

Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

cinta

6 Tips Bercinta saat Lelah, Pilih Posisi Santai dan Melambat Saja

Sabtu, 20 November 2021 19:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehidupan seks yang sehat memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh seperti bisa bikin berusia lebih panjang, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan stres. Bercinta juga dapat meningkatkan mood dan mampu mempererat hubungan dengan pasangan. Tapi sayangnya, ada momen di mana Anda atau pasangan dalam kondisi lelah saat bercinta.

Menurut para ahli, jika kamu atau pasangan tengah kelelahan atau tidak mood, hal penting dan pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. “Saya selalu mendorong pasangan untuk membicarakan kelelahan terlebih dahulu,” kata terapis seks, Shannon Chavez, PsyD dikutip dari Well + Good, Selasa, 16 November 2021.

“Bahkan, jika tidak ada hasrat seksual, atau salah satu pasangan sedang tidak mood, saling berbicara merupakan langkah utama untuk mengetahui apa yang membuat pasanganmu kurang menginginkan bercinta,” sambungnya.

Selain itu, pembicaraan ini juga dapat mengubah rutinitas pasangan ke arah yang lebih baik dan menjadi saling mengerti. Salah satu pasangan juga dapat membantu untuk meminimalkan sumber stres yang mungkin memicu kelelahan atau hilangnya libido. Berikut sejumlah saran yang diberikan oleh para ahli untuk melakukan hubungan seks ketika kamu sedang lelah

1. Ingatlah bahwa seks lebih dari sekadar penetrasi

Dr. Allison mengatakan bahwa, penting untuk memahami kalau hubungan seksual tidak sebatas tindakan penetrasi. Misalnya, tindakan seks non-penetratif bisa efektif ternyata juga bisa mencapai orgasme. Dan, mengalami orgasme merupakan cara untuk melepaskan suatu zat yang dapat meningkatkan dopamin serta oksitosin di otak sehingga membuat mood menjadi lebih bahagia.

2. Coba dengan posisi ‘malas’

Dalam pengertian ini, kata ‘malas’ yang dimaksud adalah cara untuk menggambarkan jumlah energi yang digunakan untuk berhubungan seks. “Seks malas adalah seks yang baik, karena semua seks mampu memenuhi kebutuhan dan mengeratkan hubungan,” kata Dr. Chavez.

Pada dasarnya, ini adalah alasan yang disetujui para ahli untuk bersantai pada seks tingkat lanjut saat kamu sedang mengantuk. “Kamu bisa memilih posisi bercinta yang paling sedikit membutuhkan usaha” kata Dr. Allison. Misalnya, gaya ‘menyendok’ bisa menjadi posisi yang baik untuk berhubungan seks saat kamu lelah, sehingga tak perlu mengeluarkan usaha lebih.

3. Cobalah berhubungan seks di sore hari

Jika kamu dan pasangan bekerja di lokasi yang cukup jauh dari rumah, memiliki seks di sore hari bisa jadi alternatif. Karena setelahnya, Anda dan pasangan secara alami memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi berkat hormon kortison dan hormon tidur melatonin yang lebih rendah daripada di malam hari.

4. Beri dirimu afirmasi positif

Orang-orang tertentu mungkin akan mengalami saat di mana mereka memiliki segudang pekerjaan di tempat kerja dan mempengaruhi keinginan mereka untuk melakukan seks. Dalam kasus seperti ini, beri diri kamu istirahat dan tetap berkomunikasi dengan pasangan agar hubungan tetap mesra. Terlebih, akan menjadi penting untuk tidak menganggap seks sebagai sesuatu tugas yang perlu dilakukan.

“Saat sibuk, ketahuilah bahwa di bulan ini mungkin kualitas seks akan sulit atau berbeda. Dengan begitu, berilah diri kamu beberapa afirmasi positif,” kata Dr. Allison.

5. Prioritaskan keintiman

Apakah saat sibuk atau tidak, jadikan seks dan keintiman sebagai prioritas yang kamu inginkan. Meski begitu, bukan berarti kegiatan kamu yang lain harus ditunda atau digangggu, tetapi lakukanlah di saat luang dan jangan menunggu waktu semuanya selesai karena bisa jadi kamu sudah terlanjur kelelahan.

Namun, kesepakatan dari pasangan juga menjadi hal yang penting apalagi jika keduanya sama-sama kelelahan. Menurut Dr. Chavez, kegiatan saling tatap juga bisa menjadi hal yang baik untuk dilakukan, meskipun sebenarnya itu bukan suatu aktivitas yang dapat memicu orgasme.

6. Cobalah melakukan hubungan seks yang lambat

“Seks yang lambat bisa menjadi salah satu jenis seks terbaik,” kata Dr. Chaves. Karena ketika kamu bergerak lambat, maka energi yang dikeluarkan pun jadi lebih sedikit. Hal ini dapat mengurangi kecemasan tentang bercinta ketika kamu sedang lelah.

Baca juga: Ketahui 5 Masalah Seks yang Tak Berani Dibicarakan ke Pasangan

LAURENSIA FAYOLA l WELL + GOOD