Ketahui 5 Masalah Seks yang Tak Berani Dibicarakan pada Pasangan

Ilustrasi pasangan dengan masalah seks. shutterstock.com

cinta

Ketahui 5 Masalah Seks yang Tak Berani Dibicarakan pada Pasangan

Senin, 15 November 2021 07:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Seks adalah bagian integral atau tak terpisahkan dari kehidupan rumah tangga. Faktanya, hal tersebut menjadi kunci untuk mereproduksi kehidupan dan menjaga garis keturunan Anda tetap hidup. Namun, seperti halnya bagian tubuh lainnya, terkadang organ seks kita mungkin tidak berfungsi seperti yang kita inginkan.

Hal ini dapat menyebabkan rasa malu dan tidak aman atau insecure, itulah sebabnya banyak pasangan menghadapi banyak masalah seksual di ranjang, tetapi jarang membicarakannya.

Berikut lima masalah seksual yang sungkan dibicarakan dan perlu Anda ketahui, dilansir dari laman Times of India, Senin 15 November 2021.

1. Infertilitas Pria

Penyebab utama infertilitas pria adalah jumlah sperma yang rendah atau motilitas yang rendah, sehingga mereka menghadapi masalah dalam mengandung anak. Ini adalah masalah yang mempengaruhi persentase yang signifikan dari populasi laki-laki tetapi mereka yang menderita, jarang membicarakannya.

2. Ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah masalah yang mengganggu banyak pria. Hal ini membuat mereka merasa malu dan bahkan melukai ego mereka. Ejakulasi dini ditandai dengan suatu kondisi ketika seorang pria mengeluarkan sperma terlalu cepat saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini dapat mengakibatkan tidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual pada pasangan atau pada pria itu sendiri. 

Oleh karena itu, untuk menyembuhkan penyakit ini, disarankan beberapa perubahan pola makan yang melibatkan menahan diri dari mengkonsumsi garam laut, teh, kopi, dan makanan pedas. 

3. Penurunan libido

Penurunan libido atau dorongan seks adalah masalah umum di baik laki-laki atau perempuan. Penurunan libido adalah kondisi ketika gairah seksual rendah atau cenderung tidak ada. Banyak ahli mengaitkan masalah ini dengan dua alasan utama. Yakni, stres, kecemasan, dan gaya hidup yang sibuk sehingga sulit mengalokasikan waktu untuk istirahat.

4. Infertilitas perempuan

Secara umum, infertilitas adalah kondisi ketika pasangan belum bisa hamil walaupun sudah melakukan hubungan seksual tanpa alat pengaman secara teratur.

Sebagian besar penyebab dari infertilitas pada perempuan adalah karena masalah ovulasi. Hal ini karena tanpa adanya ovulasi, maka sel telur tidak bisa dibuahi. Tanda atau gejala infertilitas ini kemungkinan berawal dari periode menstruasi yang tidak teratur atau tidak terjadi sama sekali.

5. Disfungsi seksual perempuan

Disfungsi seksual sendiri merupakan masalah yang terjadi secara berulang terkait dengan respon seksual. Entah itu orgasme atau munculnya rasa sakit yang membuat tertekan ketika berhubungan intim dengan pasangan.

Respons seksual melibatkan interaksi yang kompleks. Mulai dari fisiologi, emosi, pengalaman, kepercayaan, gaya hidup, dan hubungan dengan pasangan. Gangguan apa pun berpengaruh pada hasrat, gairah, atau kepuasan seksual.

Semua masalah seksual di atas memiliki solusi. Oleh sebab itu, pasangan diimbau untuk mendiskusikan masalah ini dengan seseorang yang Anda percayai. Kemudian, jika solusi tidak berhasil untuk Anda, coba cari second opinion atau opini kedua dan coba terapi juga agar mental Anda teratasi.

Baca: Dampak Diet Vegan Terhadap Kehidupan Seks

TIMES OF INDIA