Ulang Tahun ke-18, Putri Amalia Ungkap Belum Siap Pimpin Kerajaan Belanda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Putri Catharina-Amalia saat sesi pemotretan musim panas di Istana Huis ten Bosch, Den Haag pada 19 Juli 2019.[REX/Daily Mail]

Putri Catharina-Amalia saat sesi pemotretan musim panas di Istana Huis ten Bosch, Den Haag pada 19 Juli 2019.[REX/Daily Mail]

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melalui sebuah biografi yang akan dipublikasi pada hari ulang tahun ke-18 pada 7 Desember 2021, Putri Kerajaan Belanda Putri Amalia mengatakan dia belum siap untuk (memimpin) Kerajaan Belanda, tetapi dia berkomitmen mengabdikan hidupnya untuk negara.

Penulisan buku biografi tersebut atas persetujuan dari badan informasi Belanda (RVD), yang bertugas menangani publikasi Rumah Tangga Kerajaan Belanda. Buku ini bercerita tentang hidup dan karakter Putri Amalia, putri sulung Raja Willem-Alexander.

Buku ini juga mengungkap kalau Putri Amalia pernah bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah cafe pinggir pantai. Pemilik cafe pernah guyon dengan menyebut Putri Amalia sebagai ratu koktail.

Putri Amalia mengatakan dalam bukunya jika di kemudian hari dia tidak menjadi Ratu Belanda, maka dia mungkin akan mengejar karier sebagai penyanyi atau penunggang kuda.

Catharina-Amalia, Putri Mahkota Kerjaan Belanda. Sumber: Reuters

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Kerajaan Belanda mendapat kritikan. Politikus Partai Republik bisa saja mengabaikan kepemimpinan Kerajaan Belanda dan Putri Amalia mengatakan dia bisa menerima hal itu. "Tentu saja mereka bisa melakukan itu dan saya pergi juga," kata Putri Amalia.

Keluarga Kerajaan Belanda sangat melindungi privasi mereka di luar acara-acara resmi. Putri Amalia pun sadar dia suka dikenali warga Belanda dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saat dia sedang berbelanja.

Putri Amalia mengatakan ayahnya, mungkin akan meninggal atau lengser tanpa diduga-duga, maka Putri Amalia akan meminta ibunya Ratu Maxima, yang kelahiran Argentina, untuk memegang tahta sementara. Putri Amalia pun menyarankan pada ayahnya Raja Willem-Alexander untuk makan-makanan yang sehat dan banyak olahraga.

Masih di momen ulang tahun, Putri Amalia berharap bisa menghabiskan satu tahun usai lulus sekolah untuk magang di sebuah perusahaan multinasional sebelum akhirnya melanjutkan kuliah, yang mungkin ke Universitas Leiden.

SUCI SEKARWATI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."