Pengisi Suara Pertama Nobita versi Jepang Meninggal di Usia 89 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Pengisi suara pertama Nobita versi Jepang Yoshiko Ohta meninggal dunia Instagram/noticiasanimeenespanol

Pengisi suara pertama Nobita versi Jepang Yoshiko Ohta meninggal dunia Instagram/noticiasanimeenespanol

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengisi suara Nobita versi Jepang pertama, Yoshiko Ohta, meninggal dunia. Theater Echo selaku Agensi mengonfirmasi kabar tersebut.

Mengutip 1News, Jumat 12 November 2021, Yoshiko menghembuskan nafas terakhirnya pada 29 Oktober lalu pada usia 89 tahun. Theater Echo mengabarkan bahwa Yoshiko meninggal karena mengalami gagal jantung di rumah sakit di prefektur Kanagawa.

Yoshiko Ohta dikenal sebagai seorang pengisi suara karakter Nobita sejak manga tersebut pertama kali diadaptasi menjadi animasi Doraemon pada tahun 1973. Tak hanya mengisi suara karakter Nobita, Yoshiko juga pernah menjadi pengisi suara untuk beberapa karakter animasi Disney.

Film Stand by Me Doraemon 2. (Youtube - Doraemon The Movie)

Beberapa karakter kartun yang diisi oleh Yoshiko antara lain adalah Sapphire di "Princess Knight", Leo di "Kimba the White Lion", dan termasuk di Ranma 1/2 serta Inuyasha. Sementara beberapa karakter Disney yang diisi oleh Yoshiko adalah Peter Pan, Bambi, Dumbo, dan The Fox and The Hound.

Berkat dedikasi Yoshiko tersebut di industri Anime Jepang, dia pun dianugerahi Tokyo Anime Award Festival (TAAF) dan Lifetime Achievement Award pada tahun 2016.

Baca: Mengenang Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Lebih dari 2 Dekade

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."