Kenang Sang Ayah Lewat Foto Lama, Dian Sastro: Ayah Percaya Jika Saya Istimewa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Sastrowardoyo. Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo. Instagram/@therealdisastr

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Dian Sastrowardoyo atau akrab disapa Dian Sastro yang kini namanya semakin melambung berkat film Ada Apa Dengan Cinta dan belum lama Guru-guru Gokil, tengah mengenang sang ayah yang telah lebih dulu pergi pada tahun 1995 lalu. Itu berarti, sudah 26 tahun lamanya Dian ditinggal oleh ayahnya.

Dalam foto kenangan yang diunggah ia bersama sang ayah sedang dipangku mengenakan busana daerah Jawa. Ibu dua anak ini mengenakan kain batik, kemben, dan disanggul tradisional. Sementara sang ayah memakai beskap hitam lengkap dengan blangkon batik. 

Dian bercerita bahwa dulu dia sering diajar oleh ayahnya soal filosofi Nichiren (Nam Myoho Renge Kyo) dan tentang nyanyian Shodai sejak masih sangat kecil. Nichiren sendiri merupakan seorang biksu Buddha yang hidup pada tahun 1222 hingga 1282, dan ajarannya yakni Nam Myoho Renge Kyo.

Perempuan kelahiran 1982 ini bercerita bahwa kala itu dia tak terlalu mengerti soal filosofi dan ajaran tersebut. “Tapi, dia benar-benar percaya bahwa saya akan mengerti, jadi dia terus mengajari saya tentang hal abstrak di hidup ini,” tulis Dian pada unggahan foto di Instagram pribadi miliknya, Selasa 9 November 2021. 

Tak cuma soal Buddha saja, Dian kecil juga diajari soal Black Hole, galaksi, dan tentang alam semesta yang besar di usia dini. “Mungkin dia benar-benar percaya bahwa saya adalah anak yang istimewa,” tambahnya.

Meski dianggap seperti itu, Dian tak menganggap bahwa dirinya adalah pribadi yang istimewa sama sekali. Namun, saat ini Dian paham mungkin ayahnya tahu bahwa waktu yang akan dihabiskan bersamanya tak akan terlalu lama. Jika dihitung, Ariawan Sastrowardoyo telah berpulang saat Dian menginjak usia 13 tahun.

Baru beberapa tahun yang lalulah Dian paham soal maksud sang ayah lewat film Interstellar. “Dan adegan Black Hole itu benar-benar mengejutkan saya dengan cara yang berbeda,” katanya. “I love you Pak. Sekarang saya paham,” tutup Dian.

LAURENSIA FAYOLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."