Berbalut Gaun Merah Putih, Anggun C. Sasmi Terharu Menyanyikan Indonesia Raya

Penyanyi Anggun C Sasmi menyenandungkan lagu Indonesia Raya di pembukaan upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional XVI Papua/Foto: Anggun C Sasmi

mode

Berbalut Gaun Merah Putih, Anggun C. Sasmi Terharu Menyanyikan Indonesia Raya

Sabtu, 6 November 2021 13:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sebanyak 950 penari yang berasal dari putra dan putri Papua memeriahkan upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional XVI Papua (Peparnas Papua) di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat, 5 November 2021. Pembukaan tersebut disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube Peparnas XVI Papua 2021.

Tak hanya penari, penyanyi Anggun Cipta Sasmi atau dikenal Anggun C Sasmi juga membuat terharu penonton saat membawakan lagu Indonesia Raya dan lagu mandatorinya yang berjudul Mimpi. Anggu mengungkapkan rasa harunya di laman Instagram, Jumat 5 November 2021.

"Betapa terharunya saya diminta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, aransemen dibuat oleh sang Maestro @addiems999 yang menerapkan versi sesungguhnya dari tahun 1951. Salah satu kehormatan yang tak terhingga," tulis Anggun.

Anggun menuliskan jika ia sangat tersentuh dan rendah hati diminta membawakan lagu Indonesia Raya. "Saya tidak bisa menahan air mata kebahagiaan di akhir lagu," lanjutnya.

Ditambah lagi, lanjut Anggun, aransemen full orkestra digarap dengan luar biasa oleh THE Indonesian Maestro @addiems999. Untuk mereproduksi “Indonesia Raya” ada banyak aturan yang harus dipatuhi. "Seseorang tidak bisa hanya melakukan versinya tanpa mengikuti tulisan musik aslinya. Itu suci. Ini suatu kehormatan. Saya sangat bersyukur."

Penyanyi Anggun C Sasmi menyenandungkan lagu Indonesia Raya di pembukaan upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional XVI Papua/Foto: Anggun C Sasmi

Dalam penampilan yang mengharukan, ibu satu putri ini mengenakan gaun merah putih rancangan Mel Ahyar dengan detail layer di bagian perut sampai bawah. Terdapat cape atau jubah di bagian kiri yang menjuntai dengan aksen pom pom. Saat bernyanyi cape yang dikenakan berkibar. 

Anggun C. Sasmi hijrah dan melanjutkan karier bernyanyi di benua Eropa pada tahun 1994. Sebelum menetap di Paris, ia sempat bermukim di London dan Belanda. Meski memilih menetap di sana dan sudah menjadi warga negara Prancis, Anggun tak begitu saja melupakan tanah kelahirannya Indonesia. Selain urusan pekerjaan, ia masih sering kembali ke Indonesia untuk keperluan keluarga, liburan, dan mengurusi bisnis penginapannya di Bali.

Dalam upacara pembukaan Peparnas Papua hadir deretan musisi papan atas, termasuk Anggun C Sasmi, Nowela dan Edo Kondologit. Selain itu, artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Baca: Anggun C. Sasmi Bakal Menyanyi di Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional Papua