Dorce Gamalama Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit, Kondisi Menurun

Dorce Gamalama. TEMPO/Nurdiansah

ragam

Dorce Gamalama Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit, Kondisi Menurun

Selasa, 26 Oktober 2021 19:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris senior Dorce Gamalama kembali dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta karena kondisinya yang semakin menurun. Melalui pesan video, kerabat dekat Dorce, Hetty Soendjaya mengatakan bahwa aktris tersebut kembali masuk rumah sakit lantaran kondisinya yang terus menurun.

"Mba Dorce masuk kembali ke rumah sakit itu kemarin tanggal 24 (Oktober 2021), dikarenakan kondisinya drop," ujar Hetty dikutip pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Tim dokter yang merawat Dorce mengatakan bahwa aktris tersebut sudah lama menderita penyakit diabetes. Penyakit ini pun sudah menyebar ke organ vital lainnya seperti ginjal, jantung dan saraf.

"Tadi kami juga dari rumah sakit, kata tim dokter yang menangani, bunda Dorce diprediksi awalnya mengidap diabetes yang sudah cukup lama, minimal 8 tahun lah, bisa lebih kata dia," kata Hetty.

"Dari gula itu lah menyebar ke organ lain termasuk ginjal, ginjalnya sudah kena, jantungnya, sarafnya," lanjut Hetty.

Hetty juga mengatakan bahwa Dorce didiagnosis mengidap penyakit demensia alzheimer. "Kena sarafnya, nama penyakitnya demensia alzheimer," ujar Hetty.

Awal Oktober silam, Dorce dilarikan ke Rumah Sakit Primaya Bekasi karena kondisi kesehatannya menurun hingga tak sadarkan diri. Dokter mendiagnosis Dorce mengalami hipoglikemia.

Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, Fakhrunnisa mengatakan, hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah. "Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh," kata Fakhrunnisa dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Senin, 11 Oktober 2021.

Dorce Gamalama sempat diperbolehkan pulang dan kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Selama dirawat di sana, Dorce juga dijenguk oleh Erick Thohir, Menteri BUMN. “Memberi semangat kepada kawan saya Ibu Dorce yang dirawat di RSPP, sekaligus memastikan pelayanan berjalan baik. Insya Allah segera pulih kembali, semangat Ibu Dorce!” tulis Erick pada Ahad, 24 Oktober 2021.

Baca juga: Buah-buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Bluberry, Pepaya, dan Jeruk

ANTARA | DEWI RETNO