Aksi Gemilang Karateka Ceyco Georgia yang Berhasil Merebut Emas di PON Papua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Karateka Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung menjalani pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dengan mulus/Foto: Instagram/Ceyco Georgia

Karateka Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung menjalani pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dengan mulus/Foto: Instagram/Ceyco Georgia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Karateka Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung menjalani pertandingan Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua dengan mulus. Mengawali laga dari babak 16 besar, ia terus bermain apik dan berhasil mempersembahkan medali emas untuk DKI Jakarta.

"Saya sangat bersyukur bisa meraih hasil terbaik di PON pertama saya. Semoga ke depan lebih baik lagi," kata Ceyco Georgia usai menerima medali di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura, Selasa 11 Oktober 2021. 

Karateka berusia 22 tahun yang turun di kumite -68kg itu mengawali laga dengan menghadapi wakil Jawa Tengah Sindhytyas Putri. Tidak membutuhkan waktu lama bagi atlet andalan ibukota melaju ke babak perempat final setelah menang dengan skor 9-0.

Setelah tampil apik di laga pertama, Ceyco juga terus tampil menawan di laga-laga berikutnya. Tantangan cukup berat hanya terjadi di babak semifinal saat menghadapi karateka tuan rumah Papua, Githa Putri Abhigael meski akhirnya meraih kemenangan dengan skor 5-2.

Karateka Ceyco Georgia. (instagram/@ceycogeorgia)

Di partai final, Ceyco berhadapan dengan wakil Sumatera Utara, Wan Nurul Indana. Di laga final ini, karateka yang mendapatkan dukungan dari publik Papua ini tampil begitu tenang meski masih terbilang muda.

Meski Wan Nurul terus menyerang, upaya yang dilakukan tidak membuahkan poin. Justru Ceyco yang lebih diuntungkan karena mampu mencuri poin terlebih dahulu. Tekanan terus dilakukan oleh wakil DKI Jakarta yang mengakhiri laga dengan kemenangan 3-0 dan berhak meraih medali emas.

Kalah dari Ceyco, Wan Nurul berhak medali perak, sedangkan medali perunggu direbut oleh Ni Made Mada dari Bali dan Githa Putri Abhigael dari Papua.

Ceyco Georgia Zafana. Instagram

Dengan kemenangan di PON Papua, peraih emas Kejuaraan Karate AKF Senior Ke-16 di Tashkent, Uzbekistan itu mengaku akan menjalani tahapan latihan yang telah disiapkan mengingat banyak kejuaraan yang sebelumnya terganggu karena pandemi COVID-19.

"Mungkin setelah ini SEA Games Vietnam ya. Kita menunggu perkembangan. Untuk kualifikasi Olimpiade hingga saat ini belum ada informasi," kata atlet yang menjadi punggawa Indonesia di Asian Games 2018 itu.

Baca: Jadi Ratu Gulat Baru di PON Papua, Varadisa Septi: Saya Latihan Mati-matian

NURDIN SALEH | ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."