Soal Berbusana, Annisa Pohan Mengaku Banyak Belajar dari Ani Yudhoyono

Annisa Pohan mengunggah foto kenangan bersama mendiang ibu mertuanya, Ani Yudhoyono. Foto: Instagram/@annisayudhoyono

ragam

Soal Berbusana, Annisa Pohan Mengaku Banyak Belajar dari Ani Yudhoyono

Sabtu, 9 Oktober 2021 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Figur publik Annisa Pohan mengunggah foto kenangannya bersama mendiang ibu mertuanya, Ani Yudhoyono. Foto saat mereka mengunjungi Alun-Alun Indonesia di mal Grand Indonesia pada Oktober 2007 silam. Di foto itu tampak Annisa dan Ani mengunjungi toko kompak berbusana kebaya nuansa hijau dan kain batik sebagai bawahannya. Kain batik yang dipakai Annisa merupakan hadiah dari ibunya, Mulyaningsih. Ia kemudian menjelaskan mengapa kain tersebut tetap bisa digunakan meski bentuk tubuhnya kini sudah berubah.

"Sampai sekarang masih suka dipakai (kain batik), kok bisa ya? padahal sekarang badannya sudah memuai, karena setiap batik saya jahit tanpa potong jadi bisa setiap saat dibuka menjadi kain dan dibuat ulang," tuturnya di keterangan foto Instagram, Jumat, 8 Oktober 2021.

Anisa juga mengisahkan bahwa ia banyak belajar soal berbusana dari ibu mertuanya. Salah satu yang ia ingat adalah memilih pakaian sesuai dengan kegiatannya. 

"Dari Memo @aniyudhoyono saya banyak belajar untuk berpakaian sesuai dengan jenis kegiatan dan diusahakan senada warna dan modelnya kalau hadir bersama. Ternyata memang menyenangkan. I miss you Memo," kata istri Agus Harimurti Yudhoyono ini.

Ini bukan kali pertama Annisa membagikan kenangan atau kerinduannya bersama Ani Yudhoyono. Tahun lalu, Annisa sempat bercerita banyak belajar menjadi istri yang kuat dan sabar dari Ani, selain ibunya sendiri. Khususnya dari Ani, Annisa belajar bagaimana menjadi istri seorang prajurit.

"Alhamdulillah saya dan @ruby_26 belajar dari ahlinya yaitu Memo @aniyudhoyono, seorang perempuan anak seorang prajurit, bersuamikan prajurit dan memiliki anak prajurit (sering Memo ucapkan ini ke saya)," jelasnya di keterangan foto Instagram pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Seperti diketahui, suami Annisa, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, berkarier sebagai militer profesional di Tentara Nasional Indonesia selama belasan tahun. Profesi tersebut mengharuskannya bertugas ke berbagai daerah di Tanah Air maupun luar negeri. Selain itu, AHY juga menempuh studi di beberapa universitas di luar negeri, termasuk Harvard, Amerika Serikat. 

Pada 2016, AHY terjun ke politik mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Meski tak terpilih tak menyurutkan langkahnya merintis jejak di politik, kini ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan posisi ayahnya. 

Di sepanjang perjalanan itu, Annisa setia mendampingi pria yang menikahinya pada 8 Juli 2005. Annisa mengungkapkan belajar menghadapi segala situasi dan perubahan dalam hidup berkaca dari pengalaman hidup mertuanya.

"Mental Memo Baja, dari anak seorang pejuang kemerdekaan menjadi pendamping prajurit dari masih letnan sampai Jendral bintang 4. Kemudian harus kuat melepas anaknya dari lulus SMP dididik secara semi-militer di Taruna Nusantara dan ditempa jadi prajurit di Akademi Militer. yaaaaa hanya perempuan kuat bermental baja yang bisa merelakan 3 pria terkasihnya berjuang seperti itu," tutur Annisa Pohan.

Baca juga: Dikira Unduh Mantu, Intip Gaya Pakaian Annisa Pohan dan Agus Yudhoyono