Bangga Pakai Batik, Intip 5 Gaya Dian Sastrowardoyo Padu Padan Kain

Dian Sastrowardoyo mengenakan kain batik/Instagram-@therealdisastr

mode

Bangga Pakai Batik, Intip 5 Gaya Dian Sastrowardoyo Padu Padan Kain

Rabu, 6 Oktober 2021 20:32 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengenakan kain batik bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Nenek moyang kita sudah biasa mengenakan kain dengan motif khas itu dalam berbagai acara. Akhir-akhir ini, aktris Dian Sastrowardoyo pun terlihat senang memadupadankan batik menjadi tampilan yang sederhana dan kasual.

Sebelumnya, 2 Oktober 2009 merupakan hari bersejarah bagi Indonesia, karena UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya tak benda. Biasanya batik mungkin Anda gunakan pada acara resmi, namun kali ini Dian Sastrowardoyo mengenakan batik untuk kegiatan sehari-hari.

Dalam salah satu keterangan fotonya, Dian Sastrowardoyo mengatakan gayanya ini ini terinspirasi dari penampilan Tara Basro yang bangga mengenakan kain dengan jaket kulit saat menghadiri Festival Film Karlovy Vary di Praha. “Terinspirasi jeng @tarabasro kmrn, memadukan kain dengan jaket kulit. Seru juga ternyata guys,” tulis Dian Sastrowardoyo dalam salah satu instagram story di akun pribadinya.

Sejak saat itu, pemeran Ada Apa Dengan Cinta ini kerap kali menggunggah potret dirinya ketika mengenakan kain batik. Ia juga menggunakan tagar #berkaingembira dan #remajanusantara untuk mengajak orang-orang memakai kain batik indonesia.

Inilah 5 gaya kasual dian sastrowardoyo saat mengenakan kain batik :

1. Kain kebaya dengan kaus

Dian Sastrowardoyo terlihat mengenakan kain batik sebagai bawahan yang dipadukan dengan atasan beruansa hitam putih. Bagian depan atasan itu berwarna hitam, sedangkan bagian beakang atasan itu menggunakan motif kotak hitam dan putih. Dengan rambut diikat, Dian Sastrowardoyo juga menggunakan sneakers. Pada foto ketiga, ia pun menambahkan masker hitam. "Kain + t-shirt + sneakers for daily wear. #berkainbersama #nextlevelbatik," tulisnya pada unggahan 6 Oktober 2021.

2. Merayakan Hari Batik Nasional

Dian Sastrowardoyo pun mengunggah fotonya dengan kain batik dalam memperingati Hari Batik Nasional awal Oktober lalu. Ia merayakannya dengan mengunggah potret dirinya saat memakai batik berwarna biru tua dengan atasan berwarna putih yang memiliki motif berwarna biru tua senada dengan warna kain. "Mari kita mensyukuri hari ini. Selamat hari batik ya gaes..," katanya.

3. Kain batik dengan kemeja

Kali ini, Dian Sastrowardoyo menggunggah potret ini dengan tulisan, “Setiap hari menjadi batik,” pada 5 Oktober 2021. Dian Sastrowardoyo memadukan kain dengan kemeja putih. Sebagai pemanis, ia pun mengenakan luaran kemeja berwarna biru tua. Sepatu yang dipakainya memiliki warna yang senada dengan luaran kemeja, biru tua. Tidak lupa ia menambahkan tagar tagar berikut dalam unggahannya "#everydayisbatikday #berkaingembira #berkainnusantara #nusantarian

4. Di akhir pekan tetap memakai kain batik

Karena ia memakai kain batik untuk sehari-hari, sampai di akhir pekan pun ia tetap memakai kain batik. Ia nampak sedang melakukan selfie mirror di depan kaca. Atasan santai berwarna orange dan kain batik warna cokelat tampak kontras. Tak lupa ia juga membawa tote bag kanvas di pergelangan tangannya serta sneakers agar tampilan makin terlihat santai.

5. Kain batik dengan kemeja putih

Kali ini Dian Sastrowardoyo memadukan kemeja putih dengan kain batik, penampilan itu terlihat simple dan modis. Dian Sastrowardoyo menambah aksesori kalung pada penampilannya itu. 

Nah, kira-kira gaya Dian Sastrowardoyo dengan kain batik mana yang menjadi favoritmu? 

Baca: Suami Ulang Tahun ke-39, Begini Ungkapan Cinta Dian Sastrowardoyo

ANDINI SABRINA