Gunawan Maryanto Meninggal, Marsha Timothy dan Asmara Abigail Sampaikan Duka

Marsha Timothy Sampaikan Rasa Duka atas Meninggalnya Gunawan Maryanto/Instagram-@marshatimothy

ragam

Gunawan Maryanto Meninggal, Marsha Timothy dan Asmara Abigail Sampaikan Duka

Rabu, 6 Oktober 2021 22:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Seniman sekaligus aktor Gunawan Maryanto meninggal di Yogyakarta pada Rabu, 6 Oktober 2021. Kabar ini disampaikan langsung beberapa menit lalu oleh Teater Garasi yang dikelola oleh Gunawan Maryanto.

Beberapa aktris pun menyampaikan rasa duka citanya. Beberapa di antaranya adalah aktris Marsha Timothy dan juga aktris Asmara Abigail.

Dalam Instagram story, Marsha Timothy mengucapkan selamat jala kepada Gunawan Maryanto. Istri Vino Bastian ini pun memamerkan foto Gunawan Maryanto yang sedang membaca naskah mengenakan jaket dan syal. "Innalilahi Wa inna ilaihi Rojiun.. Selamat jalan Mas Cindhil @gunawanmaryanto," tulis Marsha Timothy pada 6 Oktober 2021.

Asmara Abigail juga menyampaikan rasa dukanya terhadap aktor senior itu. Lawan main Gunawan Maryanto di film The Science of Fictions mengunggah salah satu adegan di film tersebut. Terlihat Gunawan Maryanto yang mengenakan pakaian astronaut sedang bediri di tengah-tengah orang yang terkapar di tanah. "@gunawanmaryanto terbanglah ke semessta luas tanpa batas. Mas Chindil you're always in our heart. Forever," tulis Asmara Abigail.

Berita kematian Gunawan Maryanto diumumkan di akun Instagram resmi Teater Garasi. Hanya dengan mengunggah foto berwarna hitam, Teater Garasi menyampaikan kabar duka ini kepada masyarakat. "Kami tak tahu harus bilang apa. Kami tak tahu bagaimana harus berkabar. Mohon doa untuk keluarga kami, yang telah pergi terlebih dulu, sangat cepat, hingga kami tak tahu harus berkata apa," tulis akun itu pada keterangan foto.

Perwakilan Teater Garasi meminta doa dan dimaafkan segala kesalahan Gunawan Maryanto. "Mas Cindhil -- Gunawan Maryanto telah pergi meninggalkan kami semua. Kami tak tahu harus berkata apa.. Mohon maafkan jika ada kesalahan. Mohon doa. Mohon katakan bahwa ini sesungguhnya hanya teater belaka. Tolong..," tulisnya.

Gunawan Maryanto memenangkan Piala Citra untuk Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2020 untuk film The Science of Fictions atau Hiruk-Pikuk Si Al-Kisah dalam Bahasa Indonesia. The Science of Fictions yang berlatar tahun 1960-an ini tayang perdana di Locarno Film Festival 2019 (Swiss) dan kemudian berkeliling ke 15 festival film internasional.

"Terima kasih untuk FFI di tengah situasi kita yang sangat terbatas ini masih berusaha untuk menyelenggarakan acara ini, memberi penghargaan pada seluruh seniman film Indonesia," kata Gunawan Maryanto saat menerima Piala Citra pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Di film garapan sutradara Yosep Anggi Noen itu, Gunawan Maryanto beradu peran dengan Ecky Lamoh, Yudi Ahmad Tajudin, Lukman Sardi, Rusini, Asmara Abigail, Alex Suhendra, dan Marissa Anita. Gunawan Maryanto berperan sebagai Siman, seorang pria yang melihat proses syuting pendaratan manusia di bulan oleh kru asing.