Sumber Protein dan Kolagen, Simak Manfaat Bawang Hitam untuk Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bawang putih hitam.

Ilustrasi bawang putih hitam.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang belum familiar dengan bawang hitam? Jika Anda salah satunya, yuk kita mengenalnya lebih mendalam. Bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu dan kelembapan tertentu. Selama proses fermentasi itulah warna bawang berubah menjadi hitam dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal serta rasa yang lebih manis.  

Bawang putih sendiri telah dikaitkan dengan khasiat obat selama ratusan tahun, begitu pula dengan bawang hitam. Di antara manfaat besar bawang hitam, yang paling menonjol adalah kemampuannya yang dapat melawan hipertensi, kaya akan protein serta vitamin B.

Selain itu, bawang hitam juga dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes tipe 2, kelelahan dan stres. Di sisi lain, bawang hitam memiliki kapasitas antioksidan, meningkatkan pencernaan organisme, menyediakan energi dan sangat ideal untuk memperkuat kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Menurut Tododisca, dua sifat yang paling menonjol dari bawang hitam dan bawang putih tradisional adalah sifat antibakteri dan antiseptiknya. Selain itu, kita harus menambahkan dosis vitamin C yang baik yang dikandungnya; dan untuk semua ini adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan aksi pertahanan terhadap virus dan bakteri, terutama di masa pandemi ini.

Bawang hitam juga merupakan makanan super karena menyediakan 18 asam amino esensial bagi organisme, dari 20 jenis yang ada. Di antaranya adalah arginin dan triptofan. Asam amino adalah zat penting yang tidak dapat dihasilkan oleh organisme dan perlu dimasukkan melalui makanan. Bawang hitam adalah makanan yang ideal dalam hal ini.

Makanan super ini pun bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Ini berkontribusi untuk memperbaiki kondisi arteri, karena mengurangi jumlah trigliserida dan kolesterol dalam darah.  

Manfaat lain dari bawang hitam adalah sebagai sumber kolagen dan protein. Kolagen adalah zat penting untuk kesehatan kulit, yang terlibat dalam regenerasi dan penguatan sendi, jaringan, dan tulang.  

Lalu bagaimana cara mengolah makanan super ini? Bawang hitam adalah makanan yang telah masuk ke dunia kuliner, karena selain manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan, mereka juga sangat serbaguna dalam hal menyiapkan berbagai resep.   Anda dapat menambahkan bawang hitam ke salad, ayam, dioleskan pada roti panggang atau ditambahkan ke pasta. Selamat mencoba!

Baca juga: Benarkah Bawang Berkhasiat Menurunkan Risiko Kanker Payudara?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."