Muncul Stretch Mark Saat Hamil, Paula Verhoeven: Hadiah Indah Menjadi Ibu

Istri Baim Wong, Paula Verhoeven kembali dinyatakan positif Covid-19 seusai melakukan tes PCR sebagai syarat liburan ke Bali pada Mei 2021. Paula yang tengah hamil anak keduanya, hanya merasakan gejala ringan seperti pusing dan pilek. Beberapa bulan sebelumnya dirinya disebut pernah terpapar Covid-19 tanpa gejala saat memeriksakan kandungannya. Instagram/@Paulaverhoeven

keluarga

Muncul Stretch Mark Saat Hamil, Paula Verhoeven: Hadiah Indah Menjadi Ibu

Minggu, 3 Oktober 2021 07:31 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain perut yang membesar payudara pun mengalami perubahan dipengaruhi oleh hormonal karena sebagai bentuk persiapan badan ibu untuk menyusui nanti.

Setelah melahirkan, perubahan yang sering dijumpai adalah crack nipple atau puting yang lecet dan ini bukan hal yang dapat disepelekan karena akan menyakitkan dan mengganggu untuk ibu ketika anak sedang menyusui.

Dengan bertambahnya usia kehamilan semakin besar pula ukuran perut Ibu, 70 persen Ibu mengalami stretch mark di sekitar perut dan Ibu pun mendapati stretch mark di area payudara, bokong, dan paha.

Dokter Spesialis Kandungan Ferry Darmawan, juga sependapat bahwa banyak terjadi perubahan pada tubuh ibu ketika sedang mengandung dan menyusui.

Perubahan tekstur kulit ini dapat kembali halus seperti sediakala setelah melahirkan namun ada pula yang menetap, karena melihat data statistik 50 persen tanda ini hilang dengan sendirinya seiring berjalanya waktu dan 50 persen tanda tetap ada.

Selain kulit yang kering, ada banyak faktor yang membuat stretch mark seperti warna kulit yang cenderung putih. Perlunya upaya untuk menghilangkan atau mengurangi stretch mark ini adalah memberikan krim atau lotion yang sifatnya melembapkan kulit dapat mengurangi resiko terjadinya stretch mark.

Upaya untuk mengurangi risiko crack nipple juga dapat diberikan krim atau lotion yang mengandung bahan-bahan yang memberikan efek lembap dan bahkan dapat diaplikasikan sebelum crack nipple terjadi. Perlunya memperhatikan bahan yang digunakan yang aman ketika anak menyusui.

Ketika mengetahui bahwa dirinya sudah mengandung, Paula Verhoeven yang merupakan seorang ibu dan juga selebriti dengan segera melakukan berbagai perawatan untuk mengurangi risiko bekas stretch mark yang berlebihan.

Namun, Paula melihat bekas stretch mark ini sebagai hadiah indah sebagai seorang ibu. "Jadi aku merasa kalau bekas stretch mark ini menjadi hadiah yang paling indah ya untuk seorang ibu," ucapnya dalam peluncuran Momami Mom, Jumat 1 Oktober 2021.

Saat ini, istri Baim Wong tengah menanti kelahiran anak yang kedua, Paula masih tetap memberikan perhatian ekstra ke anak pertamanya dan masih sering menggendong Kiano.

Hal ini tentunya membuat Paula menjadi lebih mudah pegal dan sering melakukan relaksasi dengan pijat kehamilan. Paula terbilang cukup detail dalam pemilihan minyak atau krim yang digunakan untuk pijat.

Baca: Paula Verhoeven Ulang Tahun, Baim Wong: Terima Kasih Selalu Jadi yang Terbaik