Kunci Sukses ala Awkarin, Jangan Takut Memulai dan Pentingnya Networking

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Awkarin, selebgram dan pemengaruh. Foto: Instagram/@awkarin

Awkarin, selebgram dan pemengaruh. Foto: Instagram/@awkarin

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selebgram Karin Novilda atau akrab disapa Awkarin punya sejumlah kiat untuk meraih apa yang diimpikannya. Kiat pertama yang disebutnya adalah jangan takut untuk memulai.

“Menurutku, kuncinya adalah kita harus percaya dengan setiap apa yang kita lakukan saat ini dan jangan pernah takut untuk memulai. Karena kalau kita udah berani dan punya keyakinan terhadap hal apapun, menurutku semua juga akan bisa terjalankan,” kata Karin dalam sesi diskusi virtual “Tokocrypto Webinar Women Wellness” pada Kamis, 30 September 2021.

Ia juga menekankan bahwa pengalaman merupakan aspek terpenting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, Karin selalu mengajak followers dan teman-temannya supaya jangan pernah lelah untuk mencari pengalaman dan pengetahuan.

“Semakin banyak kita melakukan sesuatu yang baru, dan semakin banyaknya pengetahuan dan pengalaman yang kita dapat, kita akan bisa lebih banyak lagi belajar dari hal-hal baru,” ucap mantan pacar Sabian Tama ini.

Menurutnya, ketika berani untuk memulai sesuatu dan mengumpulkan banyak pengalaman, bukan berarti seseorang malah berperilaku seenaknya dengan melakukan banyak hal tanpa dipikirkan.

“Semuanya itu juga harus membutuhkan strategi yang matang. Setelah itu, kita kumpulkan banyak amunisi yang ada. Pokoknya sebelum kita melakukan sesuatu, kita harus tahu, apakah kita capable untuk melakukan hal tersebut. Baru setelah itu, kita kerja keras dan memulai sesuatu yang kita inginkan,” kata perempuan 23 tahun ini.

Ia juga menggarisbawahi empat poin penting untuk meraih sesuatu yang telah ditargetkan, yakni menetapkan tujuan (goals), uji tingkat keyakinan terhadap tujuan tersebut, rumuskan visi dan misi untuk mencapai tujuan, dan konsisten dalam melakukan upaya menuju tujuan tersebut.

Awkarin mengatakan kawula muda juga harus selalu peka terhadap situasi yang tengah berkembang di sekitar hidupnya serta lebih melek teknologi sebab perkembangan zaman terjadi secara cepat.

“Jangan pernah jadi anak muda yang apatis, dalam artian enggak pernah mau tahu tentang apa yang terjadi di sekitar kita,” tuturnya.

Ketika telah menjadi seorang yang tidak apatis, menurut Karin hal tersebut akan membawa anak muda untuk menyerap banyak pengetahuan dan pengalaman yang bisa dilakukan untuk mencari peruntungan baru.

“Terakhir, menurutku networking itu penting sekali. Ketika kita networking, kita belajar bukan hanya dari situasi atau pengalaman, tapi kita juga bisa belajar dari orang yang setiap hari bertemu dengan kita,”

Awkarin berpendapat setiap orang memiliki cerita yang berbeda-beda dan setiap orang merupakan adalah guru terbaik yang dapat mengajarkan dan membagikan hal-hal baru.

“Menurutku, engga ada orang yang hanya sekadar ‘cuma’. Mereka itu punya skill dan pengetahuan sendiri yang bisa diajarkan ke kita. Makanya, untuk pengalaman dan pengetahuan, kita bisa belajar dari siapa pun,” tandas Awkarin.

Baca juga: Awkarin: Saya Bukan Selebgram Termahal di Indonesia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."