Koki dan 3 Pekerjaan Ini Tak Bakal Punah di Era Teknologi

Ilustrasi koki perempuan sedang mengocok adonan di dapur. (Unsplash/Jess Terrs)

karir

Koki dan 3 Pekerjaan Ini Tak Bakal Punah di Era Teknologi

Rabu, 2 Oktober 2019 16:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi banyak mengubah beragam aktivitas manusia di kehidupan saat ini. Mulai dari gaya hidup, cara berkomunikasi hingga jenis pekerjaan. Untuk poin yang terakhir, kita bisa melihat beragam profesi sudah tergantikan dengan kecanggihan teknologi seperti petugas loket, layanan pelanggan hingga kasir. 

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak bisa tergantikan oleh teknologi. Kecil peluangnya profesi yang kental sentuhan manusia digantikan oleh mesin di era serba teknologi ke depannya.

Mengutip dari laman Forbes dan The Guardian, berikut ini pekerjaan yang belum bisa disentuh oleh kecanggihan teknologi. 

1. PenulisPenulis memiliki tugas yang sangat tidak mungkin tergantikan oleh robot sebab harus menciptakan ide dan membuat bahan tulisan asli. Misalnya, penulis blog, buku, film ataupun berita, mereka membutuhkan pemikiran yang cemerlang dan sentuhan humanis saat menyampaikannya kepada masyarakat. Robot tentunya tidak cukup canggih untuk hal itu bersamaan. 

2. CEO (Chief Executive Officer)CEO adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan bertugas untuk mengatur dan mengendalikan jalannya perusahaan. Jadi, tidak mungkin seorang CEO digantikan oleh robot. Sebaliknya, lebih mungkin bila robot-robot tersebut bekerja di bawah naungan dan arahan CEO.

3. Pengembang piranti lunakPengembang piranti lunak tentu tidak mungkin digantikan oleh robot sebab merekalah yang justru harus berpikir keras dalam menciptakan robot untuk bekerja layaknya manusia. Saat robot tersebut selesai diciptakan, memeliharanya dari kerusakan juga harus dilakukan para pengembang itu. Intinya, tak akan ada robot tanpa penggagasnya.

4. KokiMemasak memang bisa dilakukan siapa saja. Namun, sesungguhnya memasak dengan benar hanya bisa terasa lezat bila dikerjakan dengan hati. Tentunya, robot tidak memiliki kemampuan ini sehingga chef atau koki termasuk salah satu pekerjaan yang tak tergantikan oleh robot.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA