Gejala-gejala Sakit Batu Empedu, Sakit Punggung Salah Satunya

Ilustrasi batu empedu. harvard.edu

kesehatan

Gejala-gejala Sakit Batu Empedu, Sakit Punggung Salah Satunya

Kamis, 16 September 2021 11:35 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaBatu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras. Batu empedu dapat terbentuk di kantung empedu sebagai akibat dari kolesterol tinggi. Alasan mengapa batu empedu dapat berkembang tidak sepenuhnya diketahui, meskipun ada beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko.

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu jika dibandingkan dengan laki-laki. Mereka yang berusia 40 tahun ke atas juga berisiko, karena fungsi sistem pencernaan yang mulai menurun seiring bertambahnya usia.

Meskipun seseorang yang memiliki batu empedu tidak menunjukkan tanda ataupun gejala biasanya tidak memerlukan perawatan, tetapi ada beberapa gejala yang patut diwaspadai, menurut Mayo Clinic.

Berikut beberapa gejala batu empedu dikutip dari Express, Kamis, 16 September 2021

1. Jika Anda mengalami rasa sakit secara mendadak di bagian kanan atas perut Anda, itu bisa menjadi pertanda. Rasa sakit mendadak di bagian tengah perut Anda, tepat di bawah tulang dada Anda, bisa jadi juga merupakan gejala dari batu empedu.

2. Rasa sakit di punggung di antara tulang belikat Anda mungkin merupakan indikasi batu empedu.  

3. Mayo Clinic juga menyatakan bahwa rasa sakit di bahu kanan, mual dan muntah, semuanya mungkin merupakan tanda batu empedu.  

4. Bisa jadi Anda mengalami kulit yang menguning dan bagian putih mata Anda juga menguning.  

5. Demam tinggi disertai menggigil juga merupakan gejala yang serius dan dapat mengindikasikan gejala batu empedu yang parah.

Saat Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus segera mencari pertolongan medis untuk memastikan apakah sakit batu empedu atau gangguan kesehatan lainnya. Terlebih jika Anda mengalami sakit perut yang begitu hebat, sehingga Anda tidak dapat duduk diam atau menemukan posisi yang nyaman. 

Baca juga: Temulawak Berkhasiat Menyehatkan Hati dan Pencernaan