Ini 5 Tips Zumba untuk Pemula dari Cantika Felder

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi zumba. rec.uoregon.edu

Ilustrasi zumba. rec.uoregon.edu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama pandemi, kesadaran masyarakat menjaga kesehatan lewat olahraga dari rumah, salah satunya zumba, terus meningkat. “Pada kategori Olahraga di Tokopedia, matras senam, pakaian olahraga serta alat olahraga yang dapat digunakan di rumah menjadi produk paling populer selama kuartal II/2021,” ungkap Sport and Hobbies Category Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita pada konferensi pers virtual Hari Olahraga Nasional oleh Tokopedia x Cantika Felder 9 September 2021.

Dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional, Tokopedia bersama Instruktur Zumba sekaligus Influencer, Cantika Felder, membagikan tips bagi pemula yang ingin berolahraga zumba:

Hari Olahraga Nasional, Tokopedia x Cantika Felder pada 9 September 2021/Tokopedia

1. Kenakan Pakaian dan Sepatu Olahraga yang Nyaman
“Zumba memiliki banyak gerakan. Pilihlah pakaian dan sepatu olahraga yang tepat agar badan lebih nyaman,” ujar Cantika Felder.

Mirna di sisi lain mengatakan, salah satu seller lokal Tokopedia penghasil pakaian dan perlengkapan olahraga, Happy Fit, mencatat peningkatan transaksi hampir dua kali lipat. "Happy Fit, mencatat peningkatan transaksi hampir dua kali lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Mirna.

2. Jangan Lupa Pemanasan dan Pendinginan
Pemanasan singkat sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya cedera atau kram otot. Pendinginan setelah zumba juga wajib dilakukan agar mengurangi nyeri otot.

3. Lakukan Berkala untuk Jaga Imunitas hingga Turunkan Berat Badan
Selain membuat badan menjadi lebih bugar, olahraga zumba dapat membantu menjaga imunitas, menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan serta peredaran darah. “Zumba juga bisa menjadi stress relief di kala WFH. Melakukan zumba virtual dengan teman dapat membantu meningkatkan mood dan energi,” kata Cantika.

4. Jaga Asupan dan Perbanyak Minum Air Mineral
“Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi setangkup roti gandum, pisang atau yoghurt satu jam sebelum zumba. Jangan lupa penuhi asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi,” ujar Cantika Felder.

Setelah melakukan zumba, Cantika Felder juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein agar membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak saat berolahraga.

5. Waktu Ideal Zumba
Zumba ideal dilakukan pagi maupun sore hari. “Kita sebaiknya menghindari olahraga berintensitas tinggi seperti zumba setidaknya dua jam sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu maupun kualitas tidur,” tambah Cantika Felder.

Baca: Latihan Mana Lebih Baik, Aerobik atau Zumba?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."