Bermain dengan Anak Bukan Hanya Tugas Ibu, Ayah Juga Mesti Terlibat

Ilustrasi ayah dan ibu bermain dengan anak/Gredu

keluarga

Bermain dengan Anak Bukan Hanya Tugas Ibu, Ayah Juga Mesti Terlibat

Jumat, 10 September 2021 19:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tahukah Anda, jika bermain bersama anak dapat meningkatkan kreativitas anak juga mempererat ikatan emosional antara orang tua dan anak. Hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo yang menjelaskan bermain adalah aktivitas penting bagi anak-anak.

Studi menunjukkan dengan bermain sama anak banyak aspek yang terasah, bermain adalah cara yang paling efektif mengoptimalkan perkembangan anak. Ajak anak bermain dengan menggunakan mainan yang sesuai dengan usia dan minatnya.

"Ketika anak diberikan mainan yang terlalu mudah, maka anak akan cepat bosan dan bila diberikan mainan yang terlalu susah, anak pun anak mudah stres," ucapnya dalam acara re-launching kampanye #ELCMainSamaAnak, Kamis 9 September 2021.

Mesty juga mengingatkan bahwa bermain dengan anak bukan hanya menjadi tugas Ibu tetapi juga Ayah. Studi menunjukkan terdapat 47 persen ayah tidak terlibat pada proses stimulasi apapun, padahal skor perkembangan anak akan lebih tinggi jauh jika sang ayah juga terlibat dari proses stimulasi termasuk bermain. WFO dan Unicef pun menghimbau orang tua untuk dapat menghabiskan waktu yang berkualitas minimal 30 menit per anak per hari.

Kriteria tersebut sejalan dengan kampanye #ELCMainSamaAnak yang tahun ini kembali menggaungkan kampanye tersebut, dilatarbelakangi oleh banyaknya orang tua dengan kesibukan tinggi dan kurangnya edukasi seputar pentingnya meningkatkan bonding dengan anak melalui bermain bersama.

Terutama disaat pandemi, orang tua menjadi peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak dan orang tua menjadi satu-satunya teman bermain agar anak dapat tetap belajar bersosialisasi. Untuk itu, melalui kampanye #ELCMainSamaAnak, Early Learning Centre ingin mengajak para orang tua agar dapat meluangkan waktu lebih banyak bermain bersama anak menggunakan mainan edukasi yang tepat. 

Brand General Manager Early Learning Centre Indonesia Mohit Nigam, mengungkapkan salah satu tugas orang tua adalah untuk ambil bagian dalam mengawasi anak tumbuh berkembang. Namun, tidak dapat dipungkiri, kesibukan membuat para orang tua terkadang lupa untuk meluangkan waktu bermain dengan si kecil.

Bermain dengan sang buah hati dapat mempererat bonding, oleh karena itu, kami kembali ingin mengajak para orang tua untuk dapat meluangkan waktunya bermain bersama si kecil dan mengerti the Power of Play melalui kampanye #ELCMainSamaAnak.

"Kami juga menghadirkan rangkaian koleksi mainan edukasi berkualitas yang dibutuhkan untuk bermain bersama. Ketika orang tua dan anak bermain bersama akan memberikan manfaat besar untuk tumbuh kembang mereka seperti meningkatkan kreativitas & imajinasi, membantu anak belajar bersosialisasi dan meningkatkan kecerdasan anak," ucapnya. 

Mohit Nigam juga menambahkan bahwa begitu banyak aktivitas yang dilakukan pada kampanye #ELCMainSamaAnak yang diusung oleh Early Learning Centre. Memberikan informasi seputar pentingnya bermain bersama anak dan tumbuh kembang anak melalui sharing session dan webinar bersama para ahli anak dan juga melalui konten media sosial @elcindo. Early Learning Centre juga bekerjasama dengan pre-school terkemuka di Jakarta untuk mengajak orang tua bermain bersama anak dalam kegiatan ELC Playtime.

Early Learning Centre mengerti pentingnya bermain bagi perkembangan anak usia dini, inilah yang melatarbelakangi Early Learning Centre selalu berinovasi menghadirkan mainan edukasi dengan kualitas terbaik dan terpercaya, yang disesuaikan dengan tumbuh kembang dan usia anak. Dengan adanya 13 ELC Child’s Development Icons pada setiap mainan Early Learning Centre, dapat memudahkan orang tua mengetahui, mengerti, dan menentukan mainan yang tepat untuk perkembangan anak mereka.

Baca: