Cara Jennifer Bachdim Ajak Anak-anaknya Suka Berolahraga, Orang Tua Jadi Contoh

Jennifer Bachdim bersama ketiga anaknya, Kiyomi, Kenji, dan Kiyoji. Foto: Instagram/@jenniferbachdim

kesehatan

Cara Jennifer Bachdim Ajak Anak-anaknya Suka Berolahraga, Orang Tua Jadi Contoh

Kamis, 9 September 2021 17:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Influencer Jennifer Bachdim mengaku menerapkan pola hidup sehat sejak menjadi ibu, sembilan tahun yang lalu. Sebelumnya, saat lajang, ia sudah rajin berolahraga. Namun  etelah melahirkan anak pertamanya, Kiyomi, ia baru menjadikan olahraga dan pola makan sehat sebagai rutinitas yang tak pernah dilewatkannya. Menurutnya, hal itu berdampak baik pada kesehatan dan kecantikannya.

"Saya merasa lebih berenergi dan baik pula untuk kesehatan kulit. Kulit saya tampak lebih bersinar," ucap Jennifer yang menjawab setiap pertanyaan dalam bahasa Inggris di Instagram Live N' Pure, Kamis, 9 September 2021.

Biasanya sebelum berolahraga, istri pesepak bola Irfan Bachdim ini mencuci wajahnya dengan facial wash lalu memakai tabir surya. Usai olahraga, ia tak lupa kembali mencuci wajahnya karena sudah berkeringat.

Menurut perempuan berdarah Jerman-Indonesia ini, kunci untuk menyeimbangkan olahraga dengan kegiatan lainnya adalah mematuhi jadwal. "Punya jadwal. Saya merencanakan semua jadwal kegiatan untuk saya dan anak-anak, itu sangat baik," ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa olahraga juga termasuk ke dalam jadwal anak-anak, terutama si sulung Kiyomi dan Kenji, mengingat Kiyoji masih berusia 7 bulan. Untuk membiasakan anak-anaknya menyukai olahraga, Jennifer dan suaminya selalu menjadi contoh. Menurutnya, akan mudah mengajak anak-anak menyenangi olahraga, jika kedua orang tuanya juga aktif bergerak. 

"Seperti anak-anakku melihat aku berolahraga, mereka melihat suamiku berolahraga. Jadi, tiap hari mereka melihat dan dengan senang hati bergabung," imbuhnya.

"Buat suasana olahraga keluarga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pilih gerakan-gerakan yang seru dan mudah bagi anak-anak seperti lompat-lompat. Bisa disebut sesi olahraga itu sebagai acara keluarga atau aktivitas tiap akhir pekan. Luangkan waktu selama 15 menit dan buat suasana seru," lanjutnya.

Terlebih lagi, Jennifer mengaku tak sulit membujuk anak-anaknya berolahraga karena mereka suka kegiatan fisik. Kiyomi suka menari, sementara Kenji hobi bermain sepak bola. "Jadi, saya tidak perlu berkata 'ayo kita berolahraga sejenak'. Mereka anggap olahraga bersama salah satu kegiatan lain menyenangkan," tukasnya.

Untuk anak yang tidak aktif bergerak dan ingin mengajaknya berolahraga, Jennifer mengusulkan orang tua bisa mulai dari jalan-jalan santai di taman dekat rumah. Setelah itu, ajak olahraga dalam waktu singkat dengan gerakan yang mudah diikuti. 

"Jadikan itu (olahraga) kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Orang tua harus hadir menciptakan kesenangan itu karena sebagai contoh," tandas Jennifer Bachdim. 

Baca juga: Rutinitas Jennifer Bachdim sebelum Tidur, Cuci Piring dan Beberes Mainan Anak