5 Suplemen yang Dibutuhkan Demi Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi suplemen minyak ikan. crossfittherack.com

kesehatan

5 Suplemen yang Dibutuhkan Demi Tingkatkan Imunitas Tubuh

Selasa, 7 September 2021 15:00 WIB
Reporter : Swa.co.id Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Para peneliti menemukan bahwa banyak orang dewasa tidak mendapatkan suplemen atau asupan Vitamin A, C dan D yang cukup. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru di University of Illinois.

Ini bukan berarti Anda harus mulai mengonsumsi multivitamin dan suplemen sebagai pengganti. Karena, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari makanan utuh.

Berikut adalah beberapa vitamin yang paling dibutuhkan terutama saat pandemi seperti saat ini :

1. Vitamin D Hingga 70 persen dari kita tidak mendapatkan cukup vitamin D. Vitamin yang identik dengan sinar matahari ini, sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Tubuh kita memang memproduksi beberapa vitamin D saat terkena sinar matahari, tapi biasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Cara mendapatkannya: Konsumsi telur utuh, minyak ikan, dan ikan seperti herring, halibut, salmon, mackerel, atau tuna. Makanan yang diperkaya seperti susu, sereal sarapan dan yogurt juga kaya akan vitamin D.

2. Vitamin B12 Penting untuk produksi sel darah merah, saraf dan DNA, B12 juga memainkan peran penting dalam produksi energi. Ini ditemukan di seluruh sumber makanan vitamin eperti daging, telur dan susu yang diperkaya. Sayur-sayuran tidak mengandung vB12, jadi jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin tersebut.

Cara mendapatkannya: Daging sapi (selalu makan rumput), ayam, makanan laut, produk susu, dan telur. Menurut USDA, makanan dengan kadar B12 tertinggi adalah daging sapi, kerang, dan domba. 3. Vitamin A Vitamin A penting untuk fungsi sistem kekebalan yang tepat, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, dan kekuatan tulang.

4. Vitamin C Hingga 15 persen dari kita tidak mendapatkan C yang cukup, menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional CDC. Ini mungkin tidak mencegah pilek, tetapi C adalah antioksidan kuat dan sangat penting untuk tendon kulit dan pembuluh darah yang sehat. Dalam studi University of Arizona yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism, para peneliti menemukan bahwa kadar vitamin C mempengaruhi oksidasi lemak selama berolahraga, dan mengutip survei yang menunjukkan kadar C memiliki hubungan langsung dengan lemak tubuh dan ukuran pinggang. (Tapi jangan gunakan itu sebagai alasan untuk menjadi gila-C: dosis besar tidak efektif dan mungkin beracun.)

Cara mendapatkannya: Jeruk dianggap sebagai standar emas, tetapi lebih banyak makanan yang lebih kaya vitamin: Paprika merah memiliki hampir empat kali C jeruk! Juga sumber yang baik: Chili, brokoli, kubis brussel dan stroberi. Vitamin C juga membuat kulit Anda lebih kencang dan terlihat lebih muda.

5. Kalium Hanya 4,7 persen orang Amerika yang mengkonsumsi potasium yang cukup, demikian temuan para peneliti dari University of Illinois. Anda sebaiknya mendapatkannya karena mineral sangat penting dalam menjaga kesehatan fungsi jantung dan ginjal. Nutrisi juga membantu meratakan perut Anda dengan dua cara: Anda pulih setelah berolahraga, dan membantu tubuh mengeluarkan air dan natrium, mengurangi perut kembung.

Cara mendapatkannya: Tambahkan pisang, alpukat, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau ke daftar belanjaan Anda. Menurut USDA, makanan tertinggi kalium adalah molase, jika itu selai Anda.

Baca: Makanan Kaya Vitamin D dan Magnesium Bisa Cegah Osteoporosis