Fakta Menarik Gaun Dramatis Putri Diana di Film Spencer

Poster pertama film biografi Putri Diana, Spencer, yang dibintangi Kristen Stewart. Instgaram.com/@spencerfilmuk

mode

Fakta Menarik Gaun Dramatis Putri Diana di Film Spencer

Minggu, 5 September 2021 14:55 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan perdana Kristen Stewart yang memerankan sosok Putri Diana dalam film Spencer, muncul dengan mengenakan gaun Chanel haute couture di poster film biografi yang disutradarai oleh Pablo Larraín.

Poster yang dirilis beberapa hari lalu itu menampilkan Putri Diana yang sedang berduka dilihat dari belakang, dengan wajah tersembunyi. Terlepas dari nada dramatis ini, gaun yang dikenakan oleh Kristen Stewart pun tidak luput dari perhatian.

Mengutip Vogue pada Minggu, gaun tersebut merupakan gaun malam organza Chanel berwarna beige, dipercantik dengan payet emas dan perak yang membentuk cabang-cabang floral yang indah.

Dengan bustier whalebone, garis leher (neckline) dibatasi oleh lipatan tulle berlipit halus yang disorot dengan manik-manik dan pita satin. Busur satin melingkari gaun di bagian depan sementara roknya dipasang di pinggul sebelum panjangnya terbuka, dengan ribuan kerutan dan lipatan.

Chanel menciptakan kembali gaun dari koleksi Musim Semi/Musim Panas 1988 itu dan menyoroti keunggulannya. Gaun haute couture sepenuhnya dibuat ulang di bengkel Chanel untuk film tersebut, dengan bordir yang dibuat oleh Lesage. Rumah bordir ini bergabung dengan Chanel Métiers d'art pada tahun 2002, dan sejak itu terus mempertahankan keahliannya.

Sedangkan untuk lipitnya, gaun itu berutang volume yang indah ini ke rumah Lognon, salah satu Métiers d'art Chanel sejak 2013. Gerakan teknis ini, dikombinasikan dengan tangan ajaib dari lima penjahit, telah memungkinkan untuk mencapai mahakarya ini.

Secara total, dibutuhkan tidak kurang dari 1.034 jam kerja, termasuk 700 jam untuk bordir saja. Gaun itu adalah bukti ketelitian pekerjaan ini serta keunggulan rumah mode.

Chanel memilih sekali lagi untuk bermitra dengan Kristen Stewart lewat gaun ini. Stewart, menjadi duta Chanel, telah menjadi bagian dari kampanye Métiers d'art 2021. Aktris ini telah membuktikan dirinya sebagai wanita modern, kuat dan sensitif pada saat yang sama.

Film Spencer ini sudah tayang perdana di Festival Film Venesia awal bulan ini, dan dijadwalkan hadir di bioskop secara umum pada November.

Baca: Rayakan 4 Tahun Menikah dengan Hamish Daud, Raisa Tampil Anggun Pakai Gaun Biru