Menstruasi Banyak Keluhan, Redakan Dengan Konsumsi Makanan Terbaik Ini

Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

kesehatan

Menstruasi Banyak Keluhan, Redakan Dengan Konsumsi Makanan Terbaik Ini

Jumat, 27 Agustus 2021 13:03 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menstruasi kerap membuat kram, lesu, dan mudah tersinggung. Karena hal tersebut timbul godaan untuk mengkonsumsi beberapa makanan tinggi kalori. Karena dorongan tersebut membuat wanita rentan alami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, untuk menekan dorongan tersebut bisa diganti dengan konsumsi makanan yang lebih sehat.

Dilansir dari womensweekly, Kamis 26 Agustus 2021, berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi saat periode haid :

1. Yoghurt Penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine mengatakan meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D dapat membantu mengurangi gejala PMS. Makan yogurt adalah sumber kalsium yang sehat. Kultur bakteri baik dalam yogurt juga meningkatkan pencernaan yang sehat untuk menenangkan masalah perut selama waktu itu dalam sebulan.

2. Gandum Utuh Atasi kelelahan dan kelesuan dengan mengganti nasi putih dan roti dengan alternatif gandum utuh seperti nasi merah. Biji-bijian utuh adalah sumber magnesium yang hebat. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meringankan nyeri haid. Mereka juga penuh dengan serat untuk membuat kenyang lebih lama dan membantu pergerakan usus yang sehat.

3. Pisang Tinggi potasium dan vitamin B6, pisang meredakan kembung dan membantu otot-otot rileks termasuk rahim. Mendapatkan cukup kalium juga membantu mengatur tekanan darah dan mengirim oksigen ke otak. Kandungan pisang berguna untuk menjaga suasana hati tetap terkendali.

4. Lemak ikan Asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk jantung , tetapi juga telah terbukti membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi kram selama menstruasi. Sumber alternatif omega-3 lainnya adalah kenari dan biji chia

5. Brokoli Brokoli adalah sumber serat, vitamin B6, vitamin E, dan magnesium merupakan nutrisi yang berguna untuk membantu mengatasi PMS dan mengatur pencernaan . Brokoli juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung zat besi selain bayam dan kangkung.

6. Daging Merah Saat menstruasi tingkat zat besi tubuh akan turun sehingga menyebabkan merasa lesu atau pusing. Daging merah sangat baik untuk menambah zat besi. Jika lebih suka mendapatkan zat besi dari sumber non-daging, tambahkan lebih banyak lentil, kacang-kacangan, bayam, kangkung dan brokoli ke dalam makanan.

7. Cokelat Hitam Cokelat hitam kaya akan antioksidan dan magnesium untuk membantu meredakan kram dan perubahan suasana hati. Selain itu, cokelat hitam mampu merangsang produksi endorfin, atau si hormon bahagia yang membuat tetap tenang dan ceria.

Baca: Terasa Nyeri Saat Haid? Coba 5 Makanan Ini untuk Meredakan