Lagu Not For Us dari Maudy Ayunda, Ceritakan Wanita Kuat Walau Putus Cinta

Maudy Ayunda berhasil masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia untuk kategori Entertainment and Sports di usia 26 tahun. Selain dikenal sebagai artis dan penyanyi, ia juga mendirikan lembaga nirlaba Inspira untuk mendukung pengembangan karir dan bimbingan bagi pemuda Indonesia. Instagram/Maudy Ayunda

karir

Lagu Not For Us dari Maudy Ayunda, Ceritakan Wanita Kuat Walau Putus Cinta

Minggu, 22 Agustus 2021 11:53 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah merilis “Don’t Know Why” pada Juli lalu, Maudy Ayunda kini mempersembahkan single baru yang berjudul “Not For Us”. Lagu itu berhubungan dengan “Don’t Know Why” yang bercerita tentang mati rasa dalam sebuah hubungan.

Melalui keterangannya, Minggu 22 Agutsus 2021, Maudy Ayunda mengatakan “Not For Us” menceritakan tentang seseorang yang sadar bahwa hubungannya dengan pujaan hati tidak akan berlangsung selamanya. Didominasi oleh permainan piano yang sendu, lagu ini juga merupakan bentuk penerimaan bahwa orang tersebut dan sang kekasih tidak akan bisa terus bersama.

Selain “Don’t Know Why”, “Not For Us” adalah satu dari tiga lagu yang akan dihadirkan Maudy Ayunda dalam bentuk Extended Playlist (EP) yang berjudul “The Hidden Tapes: Vol. 1”. Ide EP yang akan rilis dalam beberapa bulan ke depan ini ini datang dari pemikiran dan pertimbangan Maudy terkait kariernya di dunia musik setelah ia lulus kuliah.

Maudy Ayunda menjelaskan ada 3 lagu dengan tiga kisah yang berbeda. "Yang membedakan tiga lagu ini dari yang pernah aku bikin adalah, almost every personality of the girl behind these adalah perempuan yang menerima, menegur, dan empowered. Ini adalah ekspresi dari patah hati, but she’s in control and she holds the narrative,” kata Maudy Ayunda.

Maudy Ayunda menambahkan bahwa kisah lagunya ini bukan tentang perempuan yang tidak berdaya dan galau setelah putus cinta. Kisah perempuan dalam lagunya adalah soal bagaimana mengekspresikan perasaan dan menjelaskan makna putus cinta sebagai hal yang sudah terjadi. "Ini adalah fakta kehidupan. Patah hati itu bukan akhir segalanya, tapi juga represent new beginnings,” lanjutnya.

Maudy Ayunda berharap lagu Not For Us bisa cocok dengan kehidupan banyak orang, terutama kaum perempuan. Lagu ini pun diharapkan menciptakan pemikiran mandiri di dalam diri para pendengar, dan semakin mengukuhkan diri sebagai seorang narator. "Kita harus punya pemikiran dan pendirian sendiri, prinsip-prinsip milik kita sendiri yang sudah kita evaluasi, sudah kita kritisi, and we shouldn’t take the world as it is, we have to keep questioning. It’s also important to have humility," kata Maudy Ayunda.

Ia menambahkan bahwa walaupun seseorang itu berani, kuat, dan kristis perlu pula rasa rendah hati dan ingin terus berproses, tumbuh, dan meningkatkan diri. Maudy Ayunda berharap lagu-lagunya bisa mengubah pemikiran dan hati seseorang. "Lewat lagu-lagu baruku, I want to tell stories and I want to change people’s minds, change people’s hearts. I want to be a vessel that tells stories," katanya.

Baca: Dinilai Sukses Karena Privilege, Ini Jawaban Menohok Maudy Ayunda