Dukungan untuk Perempuan Afghanistan, Angelina Jolie: Saya Tidak Akan Berpaling

Angelina Jolie memiliki darah keluarga kerajaan dari ibunya. Ia merupakan keturunan Raja Prancis, Phillip Augustus. Phillip merupakan pemimpin Prancis pada era 1180 hingga 1223, yang menjadi masa kejayaan Prancis. REUTERS

ragam

Dukungan untuk Perempuan Afghanistan, Angelina Jolie: Saya Tidak Akan Berpaling

Sabtu, 21 Agustus 2021 12:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Angelina Jolie membagikan sebuah unggahan foto surat dari gadis Afghanistan yang diterimanya, pada Jumat, 21 Agustus 2021 di laman instagram miliknya yang baru saja dibuat. 

Perempuan 46 tahun ini membagikan surat yang dikirimkan dari seorang remaja perempuan Afghanistan. Saat ini, masyarakat Afghanistan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri secara bebas.

"Jadi saya gabung di Instagram untuk membagikan kisah mereka dan suara-suara dari penjuru dunia yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak azasi manusia yang paling utama," tulis Angelina Jolie dalam keterangan foto surat bertuliskan tangan.

Angelina Jolie menjelaskan bahwa dia 20 tahun lalu berada di perbatasan Afghanistan tepat dua minggu sebelum 9/11 di mana dia bertemu dengan para pencari suaka yang melarikan diri dari Taliban.

"Rasanya sungguh memuakkan melihat warga Afghanistan terlantar lagi karena ketakutan dan ketidakpastian yang telah mencengkeram negara mereka. Menghabiskan begitu banyak waktu dan uang, mengalami pertumpahan darah dan kehilangan nyawa untuk sampai pada hal ini, adalah kegagalan yang hampir mustahil untuk dipahami," lanjutnya.

Angelina menyaksikan selama beberapa dekade bagaimana pengungsi Afghanistan - beberapa orang yang paling mampu di dunia - diperlakukan seperti beban juga memuakkan. Mengetahui bahwa jika mereka memiliki alat dan rasa hormat, berapa banyak yang akan mereka lakukan untuk diri mereka sendiri. Dan bertemu dengan begitu banyak perempuan dan remaja putri yang tidak hanya menginginkan pendidikan, tetapi juga berjuang untuk itu.

"Seperti orang lain yang berkomitmen, saya tidak akan berpaling. Saya akan terus mencari cara untuk membantu. Dan saya harap Anda akan bergabung dengan saya," ujar Angelina Jolie mengajak publik bergerak bersamanya.

Hingga berita ini diturunkan, perempuan kelahiran 4 Juni 1975 ini punya akun Instagram dengan jumlah pengikut mencapai 4 juta pengikut. Padahal akun Instagram itu baru saja dibuat semalam, Jumat, 20 Agustus 2021.

Di bio Angelina Jolie, ia menuliskan keterangan dirinya yang merupakan seorang ibu, sutradara, dan utusan khusus PBB untuk pengungsi. Khusus postingan pertama, Angelina Jolie langsung memberikan penghormatan kepada para perempuan Afghanistan.

Baca:  Angelina Jolie Ulang Tahun ke-46, Ini Hadiah Spesial dari Anak-Anaknya