4 Aktivitas Sederhana Ini Bisa Bantu Anda Tetap Sehat Saat Pandemi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wisata kesehatan. Dok.Kemenparekraf

Ilustrasi wisata kesehatan. Dok.Kemenparekraf

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seseorang yang memiliki pola hidup sehat bukan hanya berhenti merokok, menjaga berat badan atau berolahraga. Namun, ada beberapa elemen lain seperti mengelola stres, kualitas tidur yang baik serta tidak terlalu banyak duduk. Ketika Anda melihat segala sesuatu yang mungkin bisa masuk ke gaya hidup sehat, Anda dapat melihat betapa sulitnya semua hal itu. Namun, Anda tidak harus mengubah semuanya secara sekaligus.

Faktanya, untuk memiliki pola hidup sehat, Anda bisa memulainya dari perubahan kecil. Melansir dari Very Well Fit, Selasa 17 Agustus 2021berikut 4 tips memulai pola hidup sehat:

1. Kurangi waktu layar
Perubahan kecil pertama yakni jadwalkan waktu saat mematikan televisi dan komputer. Mulailah seminggu sekali mematikan semua layar dan lakukan sesuatu yang fisik dengan keluarga Anda. Anda bisa melakukan melakukan berbagai hal yang lebih aktif daripada hanya duduk di sofa atau kasur. Selain itu, cara ini juga bisa menjadi waktu berkualitas bersama keluarga.

2. Tingkatkan langkah harian
Carilah cara-cara kecil untuk berjalan lebih banyak. Saat Anda menerima surat, berjalan-jalan di sekitar blok, ajak peliharaan Anda jalan-jalan setiap hari, atau berjalan di atas treadmill selama lima menit sebelum bersiap-siap untuk melakukan aktivitas. Saat sedang berbicara di telepon, Anda juga bisa mondar-mandir atau bahkan saat bersih-bersih sambil mengobrol. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap bergerak sambil melakukan sesuatu yang Anda sukai.

3. Lakukan beberapa pekerjaan
Selesaikan pekerjaan rumah dan tingkatkan gerakan harian secara bersamaan. Anda bisa memulainya dengan berkebun, menyapu, atau menyapu. Kegiatan-kegiatan seperti ini mungkin bukan olahraga yang berat, tetapi dapat membuat Anda tetap bergerak sambil menata rumah.

4. Buat daftar
Terakhir, buatlah daftar semua aktivitas fisik yang Anda lakukan pada hari-hari biasa. Jika Anda mendapati bahwa sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk duduk, buatlah daftar lain tentang semua cara agar Anda dapat bergerak lebih banyak, seperti bangun setiap jam untuk meregangkan tubuh atau berjalan, menaiki tangga di tempat kerja, atau hal lainnya.

Baca: Ingin Pasta untuk Makan Siang? Simak 3 Tips memasak yang Sehat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."