Menjelang HUT RI, Ini Makna Kemerdekaan Ala Rossa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Penyanyi Rossa . Foto: Rossa

Penyanyi Rossa . Foto: Rossa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Rossa memaknai perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini sebagai sebuah momen untuk saling menularkan semangat. Apalagi, HUT RI ke-76 dirayakan masih dalam suasana pandemi COVID-19.

"Sebagai musisi, kita bisa memberi dengan karya. Kita tahu musik adalah tools sehingga bisa membuat orang merasa tertarik dan senang sehingga imunitas bisa naik, jadi itu bagus untuk menularkan semangat," kata Rossa dalam acara Kolaborasi Lima Penyanyi dan Musisi di Ressonited Hadirkan Rilis Ulang Lagu 'Zamrud Khatulistiwa' pada 13 Agustus 2021.

Membagikan semangat untuk terus bertahan di masa pandemi, menurut Rossa tetap bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi seperti yang sekarang ada mulai dari aplikasi panggilan video, aplikasi streaming musik, media sosial dan sebagainya. "Tidak harus lagi parade kemerdekaan di jalanan, bisa kita saling menularkan semangat kemerdekaan lewat media sosial misalnya kita tunjukkan betapa bangganya kita pakai batik di media sosial, itu impact-nya kan gede dan mungkin bisa dilirik dunia internasional," kata pelantun lagu 'Hati Yang Kau Sakiti' itu.

Dalam rangka merayakan kemerdekaan , Rossa bersama Kunto Aji, Rayi Putra, Aurelie dan produser musik Dipha Barus merilis lagu Chrisye bertajuk "Zamrud Khatulistiwa" yang diaransemen ulang sehingga menjadi sebuah lagu segar yang dengan nada-nada yang kekinian. "Lagu ini penuh makna optimistik dan mengingatkan akan kekayaan Indonesia sehingga pas banget dengan tema kemerdekaan," kata Diza Anindita, Head of Marketing, Resso Indonesia.

Kolaborasi Lima Penyanyi dan Musisi di Ressonited Hadirkan Rilis Ulang Lagu 'Zamrud Khatulistiwa'/Resso

Aransemen diprakarsai oleh platform streaming musik sosial Resso, menandai kampanye "Bersama Musik Dibawa Asik". Diza menjelaskan bahwa Ressonited merupakan program spesial di Resso untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Di masa pandemi ini, tentunya banyak sekali tantangan-tantangan yang harus dihadapi semua pihak, tanpa terkecuali. "Melalui kampanye Bersama Musik Dibawa Asik, kami ingin membangkitkan semangat dan optimisme untuk menghadapi situasi yang memprihatinkan dan penuh ketidaknyamanan ini melalui musik," ujar Diza Anindita, Head of Marketing Resso Indonesia.

Lagu 'Zamrud Khatulistiwa' ditulis oleh Guruh Soekarno Putra dan dinyanyikan oleh Keenan Nasution pada tahun 1978, sebelum akhirnya dipopulerkan oleh penyanyi legendaris Chrisye pada tahun 1996. Lirik lagu ini sarat dengan kekaguman dan puji syukur yang mencerminkan rasa kebanggaan terhadap Indonesia, yang indah dan kaya serta sarat keberagaman, baik alamnya, suku bangsanya, bahasanya dan seni budayanya.

Diza menambahkan bahwa Resso memilih lagu ini karena lirik dan irama musiknya asik didengar dan abadi sepanjang masa, tak lekang oleh waktu. Sesuai tema 'Bersama Musik Dibawa Asik' Resso berniat memperkenalkan lagu legendaris dari era tahun 90-an ke generasi yang lebih muda hari ini, hasil kolaborasi asik dari lima penyanyi dan musisi lintas generasi dan lintas genre di Indonesia. "Lagu 'Zamrud Khatulistiwa' dapat menjadi inspirasi yang sangat kuat dan relevan terutama dalam kondisi Indonesia hari ini," kata Diza.

Memproduksi ulang lagu 'Zamrud Khatulistiwa' dengan musisi dan artis dari berbagai genre yang memiliki warna suara berbeda tentunya merupakan tantangan tersendiri. Ditambah lagi, proses pengerjaan lagu ini memakan waktu kurang dari dua bulan saja. Namun tentunya para musisi dan artis ini memiliki kesan tersendiri.

Dipha Barus yang didapuk untuk mengaransemen ulang lagu ini mengatakan versi Keenan merupakan lagu yang sangat dia sukai di masa kecil. "Sehingga mengerjakan proyek ini seperti menggambar ulang sebuah lukisan favorit," kata Dipha.

Bagi Kunto Aji, makna lirik lagu ini mengingatkannya untuk mensyukuri tempat di mana kita dilahirkan, Indonesia. "Negeri yang sangat subur dan makmur, dengan segala kekurangan dan kelebihannya," katanya.

Baca: PPKM Darurat, Begini Cara Rossa dan Raline Shah Cegah Stres di Rumah Saja

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."