Lesti Kejora Bikin Surat Perjanjian Pranikah, Apa Maknanya bagi Calon Pengantin?

Penyanyi dangdut Listy Kejora terpilih menjadi wanita tercantik menurut daftar 100 Most Beautiful Women di dunia oleh Top Beauty World. Lesty Kejora menempati urutan kelima wanita tercantik menurut daftar tersebut. Instagram/@lestykejora

cinta

Lesti Kejora Bikin Surat Perjanjian Pranikah, Apa Maknanya bagi Calon Pengantin?

Jumat, 13 Agustus 2021 22:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika tidak ada aral melintang, pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora akan segera digelar. Rangkaian pernikahan itu juga sudah digelar akhir pekan kemarin. Namun yang menarik perhatian ialah pasangan ini memiliki surat perjanjian sebelum menikah.

Surat perjanjian itu ditulis oleh Rizky Billar. Hal ini terlihat saat acara Cinta Abadi Leslar di ANTV. Berikut isi surat perjanjian pranikah itu:

Surat Perjanjian

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Lesti Kejora

Nama: Rizky Billar

Dengan ini menyatakan bahwa kami berjanji akan saling terbuka setelah menikah. Bentuk keterbukaan itu antara lain saling memberitahukan pin ATM, password handphone dan password media sosial.

Demikian surat perjanjian ini kami buat dalam keadaan sehat, jasmani dan rohani serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Bilamana kami melanggar perjanjian ini, kami bersedia menerima hukuman sesuai peraturan dan kesepakatan yang berlaku yang melibatkan saksi-saksi.

Merujuk pada surat perjanjian pranikah yang dibuat oleh kedua sejoli ini, jika merujuk pada laman Helpingpeople, 13 Agustus 2021, perjanjian pranikah adalah kontrak hukum yang dibuat oleh pasangan sebelum pernikahan mereka, yang menguraikan bagaimana aset mereka harus dibagi jika pernikahan mereka berakhir.

Banyak orang memandang perjanjian pranikah secara negatif. Mereka berpikir pranikah adalah sesuatu yang hanya dibutuhkan orang kaya dan terkenal, atau mereka takut memasukinya akan membawa sial kebahagiaan pernikahan mereka.

Lagi pula, merencanakan kegagalan berarti merencanakan kegagalan, bukan? Perjanjian pranikah sebenarnya adalah salah satu hal yang paling penuh kasih dan bertanggung jawab yang dapat dilakukan oleh pasangan yang bertunangan dan hendak menikah.

Berikut makna perjanjian pranikah:

1.Terbuka dan jujur tentang keuangan Anda.

Menurut jajak pendapat baru-baru ini, 70 persen pasangan berdebat tentang uang lebih dari masalah lain dalam pernikahan mereka, termasuk tugas, makan malam, dan mendengkur. Ini karena banyak orang tidak pernah menerima alat untuk menangani uang mereka secara efektif, atau pendidikan untuk membuat pilihan keuangan yang cerdas. Uang juga sangat pribadi, dan mengikat hidup Anda (belum lagi rekening bank Anda) dengan orang lain.

Perjanjian pranikah, yang difasilitasi oleh pengacara berpengalaman dan sensitif seperti pengacara di Mulligan Attorneys, dapat membantu mempersiapkan Anda untuk kesehatan finansial dan kekayaan bersama seumur hidup. Fondasi ini tidak hanya dapat memperkuat pernikahan Anda, tetapi juga menyelamatkan Anda dari banyak argumen di jalan.

2. Merencanakan masa depan

Perjanjian pranikah tidak hanya berguna dalam kasus perceraian. Mereka juga merupakan kesempatan untuk membuat janji hukum tentang bagaimana Anda akan menjaga satu sama lain. Persyaratan perjanjian pranikah dapat mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan cacat, akta, akses ke rekening bank tertentu, perencanaan warisan, dan cara merawat anak-anak Anda.

Ini semua adalah masalah yang biasanya tidak dibahas selama proses perencanaan pernikahan, ketika bagan tempat duduk dan gaun pengiring pengantin tampak seperti hal terpenting di dunia. Perjanjian pranikah adalah pengingat penting bahwa masa depan yang Anda bangun bersama adalah yang terpenting.

3. Membantu Anda saling melindungi, apa pun yang terjadi.

Alih-alih memikirkan perjanjian pranikah sebagai melindungi aset Anda sendiri, anggap itu sebagai melindungi pasangan Anda apa pun yang terjadi. Ini adalah kesempatan untuk membuat pilihan saat hubungan Anda kuat dan penuh kasih, daripada selama situasi skenario terburuk, ketika Anda mungkin tergoda untuk menyerang atau menghukum satu sama lain. J

ika Anda berencana untuk memiliki anak, ini sangat penting. Perjanjian pranikah berarti Anda telah berkomitmen untuk saling menjaga dan melakukan yang terbaik untuk orang lain, sekarang dan selamanya.

Jika Anda berencana untuk menikah dalam waktu dekat, perjanjian pranikah dapat menjadi cara yang bagus untuk merencanakan masa depan yang aman, stabil, dan terjamin. 

Baca: Unggah Pas Foto Latar Biru Bareng Rizky Billar, Lesti Kejora: Bismillah