Dukung UMKM Lokal, Annisa Pohan Buka Endorsment Gratis di Instagram

Annisa Pohan. Foto: Instagram @annisayudhoyono

ragam

Dukung UMKM Lokal, Annisa Pohan Buka Endorsment Gratis di Instagram

Jumat, 13 Agustus 2021 10:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tahukah Anda jika setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai hari Unit Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Mengutip dari laman resmi instagram Kementerian Koperasi UKM, disebutkan jika sejarah Hari UMKM bermula dari Piagam Yogyakarta yang merupakan hasil Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping ke-2 (TNP2) pada 25-26 Mei 2021.

Salah satu publik figur yang concern dengan UMKM ialah Annisa Pohan, menurut dia Pandemi Covid-19 saat ini membuat kondisi perekonomian Indonesia semakin sulit. Dalam resesi ekonomi seperti ini, yang terdampak paling parah adalah Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Karena 99 persen pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM

"Nah ditambah lagi UMKM ini bentuknya seperti piramida, yang berada di piramida terbawah adalah pelaku usaha mikro, yang tengah pelaku skala kecil dan paling atas adalah pelaku skala menengah,' ucap Annisa di keterangan instagramnya, Kamis 12 Agustus 2021.

Artinya, lanjut Annisa,penyerapan tenaga kerja terbanyak adanya di usaha mikro dengan total lebih dari 107 juta tenaga kerja (89.2 persen dari total tenaga kerja di Indonesia). Jadi jumlah yang luar biasa banyak dan besarnya peran dalam menyediakan lapangan pekerjaan untuk rakyat kecil, membuat UMKM khususnya usaha mikro, penting bagi perekonomian Indonesia.

"Terbayang begitu banyaknya manusia yang terdampak karena resesi ekonomi ini, tentu hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama, untuk semakin tergerak membantu di masa sulit ini," lanjutnya.

Menurut perempuan kelahiran 20 November 2021 ini, tren positif yang terjadi di dunia bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19 adalah digitalisasi, dan dengan terjadi Pandemi ini membuat digitalisasi khususnya di Indonesia semakin terakselerasi.

"Karena itu untuk menjaga daya saing UMKM pun harus mampu untuk medigitalisasi dan mangadopsi alat-alat digital, baik untuk menjangkau pemasok maupun pelanggan, selain ruang gerak terbatas sehingga digitalisasi mempermudah usaha kita dan juga karena konsumen telah melakukan peralihan besar ke belanja online," tulis Annisa. 

Dukungan Annisa Pohan dalam memeringati Hari UMKM dan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ia mengumumkan program untuk memberikan endorsement atau endorse gratis di media sosial. Annisa Pohan mengumumkannya melalui unggahan foto di laman instagram dengan foto mengenakan kebaya warna coklat. 

"Saya kembali lagi melakukan program #AnnisaPohanPeduliUMKM, yang akan dilaksanakan selama bulan Agustus ini. Bentuknya adalah pemberian Endorsement gratis khusus untuk UMKM di akun Instagram saya @annisayudhoyono. Untuk cara dan ketentuan silahkan baca flyers diatas ya! boleh juga di repost/disebarkan info ini agar lebih banyak teman-teman UMKM lain yang bisa ikut terbantu," tulis Annisa. 

Selamat hari UMKM Nasional, maju terus UMKM Indonesia!

Baca: Cara Istri Wishnutama, Gista Putri Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19