Anak Semakin Bosan Belajar Online? Coba Tips Cerdas Berikut Ini

Ilustrasi kegiatan belajar dari rumah.

keluarga

Anak Semakin Bosan Belajar Online? Coba Tips Cerdas Berikut Ini

Kamis, 12 Agustus 2021 09:05 WIB
Reporter : Antara Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Belajar online yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini tentu tidak hanya membuat anak lelah, tetapi juga bosan.

Sebagian besar orang tua tentunya merasakan berbagai masalah yang terjadi saat sistem pembelajaran jarak jauh atau belajar online dilaksanakan.

Misalnya saja seperti belajar memahami proses baru, memastikan koneksi internet yang lancar, manajemen waktu, bahkan belajar menggunakan laptop dan memastikan performanya sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak. Oleh karena itu orang tua pun harus beradaptasi dan memastikan yang disiapkan sudah sesuai dengan kebutuhan anak.

Berikut ini adalah sejumlah tips agar Anda bisa menjadi orang tua cerdas kala mempersiapkan kegiatan belajar di rumah untuk si buah hati, seperti dikutip dari siaran pers Lenovo pada Selasa, 11 Agustus 2021. 

1. Siapkan jadwal

Menciptakan jadwal akan membantu menciptakan sifat disiplin. Sesuaikan jadwal secara spesifik (terutama jika Anda punya anak lebih dari satu ya!) setelah menilai ritme dan cara belajar masing-masing anak. Ajak mereka untuk memberikan pendapat untuk semakin meningkatkan keberanian mereka mengungkapkan pendapat.

2. Menciptakan ruang belajar sendiri

Memberikan anak ruangan khusus untuk belajar dapat membantu sang anak untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal lain. Pastikan ruangan tersebut rapi, tidak berisik, dan cukup terang.

Tanyakan kepada anak apa yang ia inginkan di ruang belajar nya sehingga sang anak lebih betah di ruangan belajarnya.

Anda juga bisa membuat sudut “kantin” yang berisi camilan yang disukai anak Anda yang bisa diambil saat rehat untuk memberikan si buah hati suasana layaknya di sekolah agar semakin semangat belajar.

Saat anak sudah disiplin mengikuti jadwal secara teratur, Anda bisa menjadi lebih tenang dan bahkan bisa tidak selalu berada di samping anak.

3. Hubungi guru untuk bertukar pikiran

Karena kondisi jarak jauh ini, Anda harus memiliki hubungan yang lebih erat dengan wali kelas sang anak. Hubungi guru untuk berdiskusi tentang apa yang Anda hadapi dan saling bertukar pikiran untuk memastikan pembelajaran anak tetap efektif.

3. Pilih perangkat dengan fitur pendukung belajar anak

Hal penting untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah perangkat yang tepat dengan fitur-fitur yang bisa mendukung Anda.

Misalnya saja software pengingat intuitif dengan fitur “Smart Care” - built-in assistance untuk membantu memberikan ketenangan kepada orang tua saat tidak bisa berada di samping sang anak secara langsung dengan mendeteksi dan mengingatkan postur duduk, jarak pandang, tingkat fokus sang anak saat berada di depan layar untuk belajar.

Fitur ini juga termasuk “Pengingat Istirahat” untuk mendorong anak-anak untuk beristirahat sesuai waktu yang ditentukan. Fitur ini juga dapat memastikan kenyamanan belajar dengan mikrofon smart AI noise-cancelling sehingga bisa berkomunikasi video call dengan suara yang jelas tanpa harus khawatir dengan suara di sekitar. Fitur dengan mode “Eye Care” juga dibutuhkan untuk melindungi mata anak dari paparan sinar biru laptop.

Baca: Dokter Reisa Broto Asmoro Minta Orang Tua Tegas Soal Gadget, Dampingi Anak