Kartu Vaksin Covid-19 Hilang? Unduh di Website dan Aplikasi Pedulilindungi

Dua orang mahasiswi menunjukkan sertifikat vaksinasi usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Kampus Universitas Telkom, Bojongsoang , Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 21 Juni 2021. Universitas Telkom menyediakan sebanyak 3.000 dosis vaksin bagi mahasiswa dan pegawai kampus guna mempercepat program vaksinasi nasional. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

kesehatan

Kartu Vaksin Covid-19 Hilang? Unduh di Website dan Aplikasi Pedulilindungi

Rabu, 11 Agustus 2021 12:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Saat ini, sejumlah kegiatan termasuk mengunjungi mal di Jakarta mewajibkan pengunjungnya sudah divaksin dan memiliki bukti kartu vaksin. Mungkin saja, jika Anda sudah jauh hari melakukan vaksin, maka sertifikat vaksin yang berupa lembaran kertas Anda sudah hilang.

Nah, jika begitu, jangan khawatir, karena Anda masih bisa mengunduh lagi sertifikat tersebut di laman pedulilindungi, caranya juga mudah kamu akses.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman website pedulilindungi dot id

2. Jika Anda sudah memiliki akun tinggal pilih login, sedangkan jika belum harus register terlebih dahulu

3. Masukkan nomor ponsel yang didaftarkan dan tekan Login Sekarang. Selanjutnya kan dibawa masuk ke akun yang terdaftar.

4. Pilih menu sertifikat di bagian paling atas yang bertuliskan: Sudah melakukan vaksin COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini.

5. Selanjutnya masukkan data Anda seperti Nama Lengkap, NIK atau No Paspor, Tanggal lahir, Tanggal Vaksin dan Jenis Vaksin dalam kolom yang tersedia.

6. Klik Ok

7. Akan ada sertifikat sesuai dengan jumlah suntikan yang diterima. Semisal jika Anda sudah suntik 2 kali, maka akan muncul 1 sertifikat, dan jika sudah 2 kali maka akan muncul 2 sertifikat.

8. Klik sertifikat yang diinginkan, pilih Unduh Sertifikat untuk download.

Cara mengecek dan download sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi ponsel Pedulilindungi:

1. Download aplikasi di Google store atau App Store

2. Klik Login jika sudah memiliki akun dan jika belum pilih Register.

3. Masukan data Nama Lengkap, NIK dan Nomor Ponsel. Masukkan One Time Password atau OTP yang masuk dalam SMS.

4. Pilih klik Paspor Digital. Pilih nama untuk memunculkan sertifikat vaksin dan klik Unduh agar dapat mendownload dan menyimpan Sertifikat Vaksin.

5. Sertifikat telah terdownload.

Sementara itu, Mal Bassura Jakarta juga membuka layanan membuat kartu vaksin bagi para penerima vaksin. Di akun instagramnya, mereka mengumumkan jika menerima jasa layanan membuat sertifikat vaksin menjadi kartu.

"Hi Loyals! Buat kamu yang sudah melakukan Vaksin, bisa lho Sertifikat kamu dijadikan kartu. Lebih simple dan praktis. Kalau kemana-mana jadi gak perlu lagi bawa-bawa kartu Vaksin. Lokasinya ada di lantai 2 dekat Food Court Eat & Meet, sebelah Play Plei. Atau kalau kamu selesai Vaksin di mall@Bassura, kamu bisa sekalian Print Sertifikat Vaksin kamu," tulis mereka.

Baca: Berencana ke Mal? Intip Cara Pakai Scan Barcode di Sertifikat Vaksinasi Covid-19