5 Aplikasi Ini Bisa Digunakan saat Ibadah Haji

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Jamaah calon haji Indonesia memanjatkan doa di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis, 23 Mei 2024. Menjelang waktu salat, Masjidil Haram dipadati kaum muslim yang akan menunaikan ibadah salat Magrib. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jamaah calon haji Indonesia memanjatkan doa di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis, 23 Mei 2024. Menjelang waktu salat, Masjidil Haram dipadati kaum muslim yang akan menunaikan ibadah salat Magrib. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jamaah haji Indonesia mulai berangkat ke tanah suci sejak Mei 2024. Jamaah haji gelombang pertama berangkat pada 12-23 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua pada 24 Mei-10 Juni 2024.

Bagi Anda yang akan berangkat haji, penting untuk memiliki aplikasi ibadah haji yang akan membantu selama pelaksanaannya.

Agar lebih mengetahui aplikasi apa saja yang penting diunduh untuk menemani ibadah haji, berikut ini informasinya untuk Anda.

Aplikasi Penting untuk Ibadah Haji

Perjalanan ibadah haji adalah salah satu momen yang penuh makna bagi umat Islam di seluruh dunia.

Di era teknologi modern ini, ada beberapa aplikasi yang dapat memudahkan perjalanan ibadah haji. Berikut 5 aplikasi penting tersebut.

1. Labbaik

Aplikasi pertama yang harus dipastikan telah diunduh sebelum melaksanakan ibadah Haji adalah Labbaik.

Labbaik dilengkapi berbagai fitur yang dapat memudahkan jamaah dalam pelaksanaan ibadah haji, seperti panduan sebelum berangkat haji, kumpulan doa-doa lengkap dengan terjemahan hingga playlist doa saat ibadah sa'i- dan tawaf.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan jamaah haji karena penggunaannya yang mudah. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Labbaik untuk membantu pelaksanaan ibadah haji mulai dari persiapan hingga kepulangan.

Bagi pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Labbaik melalui Google Play Store, sedangkan bagi pengguna iPhone dapat mengunduhnya di App Store

2. Alharamain

Alharamain adalah aplikasi yang yang dapat membantu jamaah haji dengan sejumlah fiturnya yang mudah digunakan.

Aplikasi ini memuat informasi tentang Masjidil haram dan Masjid Nabawi, waktu sholat dan fitur lainnya seperti siaran langsung doa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, layanan panduan untuk fasilitas akses ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, hingga layanan elektronik pengunjung.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

3. Nusuk

Selanjutnya, ada aplikasi Nusuk, yang merupakan aplikasi resmi untuk melakukan reservasi dan pemesanan perjalanan haji di Makkah dan Madinah.

Aplikasi ini adalah platform terpercaya yang telah diawasi oleh Komisi Pariwisata Arab Saudi dan harus dimiliki jamaah sebelum berangkat ke tanah suci.

Melalui aplikasi Nusuk, jamaah dapat mengajukan permohonan e-Visa, pemesanan penerbangan, hingga hotel.

Tak hanya itu, terdapat panduan ibadah haji dan umrah yang akan membantu jamaah dalam melaksanakan ibadah.

4. Careem

Jika di Indonesia terdapat layanan Gojek atau Grab, di Arab Saudi jamaah dapat menggunakan aplikasi Careem untuk melakukan pemesanan transportasi hingga makanan selama menjalankan ibadah haji.

Dilansir dari muslimgotravel, biaya jasa layanan ini lebih murah dibandingkan yang lain. Pendaftarannya pun cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu mendaftar menggunakan kartu sim lokal. Setelah itu, Anda bisa menikmati layanan dari aplikasi Careem selama di tanah suci.

5. HHR Train

Satu lagi aplikasi yang dapat membantu jamaah selama pelaksanaan ibadah haji, yakni HHR Train.

HHR adalah singkatan dari Haramain High Speed Railway, aplikasi pemesanan kereta di Arab Saudi.

Untuk perjalanan dari Mekkah ke Madinah menggunakan HHR Train membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tergolong cepat dibandingkan transportasi lain. Selain itu, kereta yang digunakan juga bersih, modern dan nyaman.

Itulah informasi mengenai 5 aplikasi penting untuk temani ibadah Haji. Semoga bermanfaat, ya Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 4 Tips Pintar Menabung untuk Naik Haji

AULIA ULVA | LAILI IRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."