Dikira Pastel, Dua Lipa Unggah Foto Makanan Khas Bolivia Saltena

Lagu Dua Lipa berjudul Levitating masuk dalam daftar 42 lagu yang dilarang diputar di radio sebelum pukul 10 malam. Instagram

kuliner

Dikira Pastel, Dua Lipa Unggah Foto Makanan Khas Bolivia Saltena

Selasa, 10 Agustus 2021 20:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Dua Lipa makan 'pastel' membuat geger netizen lantaran unggahan story-nya yang dibagikan di akun gosip. Dalam unggahannya beberapa waktu lalu dia terlihat mengunggah foto makanan mirip pastel.

Banyak Warganet mengira makanan itu Jalangkote, Karipap, ada pula yang bilang Empanada dari Spanyol, dan juga Saltena kuliner dari Bolivia.

Makanan yang diunggah penyanyi kelahiran 25 Agustus 1995 tersebut memang sangat mirip pastel, dengan kulit tipis dan pinggiran yang dikepang atau dipilin.

Melansir laman The Culture Trip, Selasa 10 Agustus 2021, saltena adalah makanan khas Bolivia yang mirip dengan empanada, hanya cara pembuatan dan isinya jauh lebih kompleks. Bahkan dibutuhkan tiga hari untuk membuat satu saltena. Patrick, koki dari tiga bersaudara, menghabiskan beberapa tahun mempelajari masakan itu di Bolivia

“Setiap bagian adalah buatan tangan. Setiap bagian adalah langkah. Semuanya membutuhkan kerja keras, dan dalam kerja itu muncul semua rasa. Rasanya seperti ibu seseorang yang membuatnya,” kata Patrick.

Proses tiga hari itu diawali dengan filling kaki sapi, daging, dan racikan gelatin—yang direbus selama 12 hingga 14 jam, bersama dengan wortel, bawang, seledri, dan aromatik. Saat campuran mulai mendidih, pastikan semua gelatin dilepaskan.

Setelah mengeras, gelatin yang diresapi daging diiris menjadi bongkahan dan dimasukkan ke dalam lipatan adonan saltena, yakni adonan yang harus dibuat di wadah  yang panas dengan air sesedikit mungkin. Adonan tertutup rapat (udara sisa dapat menyebabkan kebocoran atau ledakan di oven).

Kemudian letakkan nampan di oven untuk dipanggang; hasilnya adalah bagian luar yang mengembang sempurna dan renyah. Selain kaki sapi, adonan jga bisa diisi dengan potongan daging ayam dan kaldu tulang yang empuk yang dihidangkan dengan semangkuk sup ayam.

Sementara itu, saltena secara tradisional diisi dengan zaitun dan telur rebus, lalu salad, sandwich de chola (daging di atasnya dengan acar wortel dan bawang bombay yang direndam chicha, dengan dua roti lembut), dan kentang goreng dengan topping keju.

"Ini semacam sushi Bolivia yang membutuhkan banyak latihan saat membuatnya," lanjut Patrick. Tambahan informasi, Saltena dibaderol dengan harga mulai 6 dollar atau setara dengan 90.000 ribuan.

Baca: Dua Lipa Membatasi Media Sosial demi Kesehatan Mental