Perawatan Kulit Psoriasis, Hindari Produk dengan Kandungan Berikut

Ilustrasi wanita dengan psoriasis menggaruk siku. Shutterstock

kesehatan

Perawatan Kulit Psoriasis, Hindari Produk dengan Kandungan Berikut

Jumat, 6 Agustus 2021 08:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Psoriasis ditandai sebagai kondisi kulit inflamasi atau radang muncul di bercak bersisik, terutama pada area tekanan tinggi, seperti kulit kepala, siku, dan bokong (meskipun perlu dicatat bahwa bercak ini dapat muncul di mana saja). Ahli menyebutkan perawatan kulit psoriasis sama pentingnya dengan mengobati. Maka dari itu, disarankan menghindari produk kecantikan dengan kandungan wewangian  karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

"Wewangian, sebanyak kita menyukainya, ternyata besar pula peranannya menjadi penyebab iritasi kulit dalam banyak situasi," kata Mona Gohara, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Connecticut, Amerika Serikat, dikutip dari laman Well + Good, Kamis, 5 Agustus 2021.

"Jadi terutama ketika bagi Anda yang memiliki kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis, tentunya ingin memastikan bahwa penghalang kulit tetap utuh dan tidak teriritasi agar dapat memperkuat kulit dan terhindari dari peradangan lebih lanjut," lanjutnya.

Ia menjabarkan untuk detail dalam membaca kandungan pada produk, termasuk masking fragrances. Kandungan tersebut ternyata mengandung formula wewangian untuk menyamarkan aroma kimia. Jadi, produk yang bertuliskan tanpa pewangi pada label bisa mengandung wewangian. Membaca detail kandungan di label adalah kuncinya.

Selain mewaspadai wewangian, perhatikan pula formula berbusa yang digunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh. "Ketika menggosok kulit dengan sabun atau pembersih yang keras atau menggosok dengan sangat keras, itu membuat ruang bagi psoriasis untuk keluar lebih banyak," tegas dokter Gohara.

Untuk menghindarinya, ia merekomendasikan untuk menggunakan pembersih berbahan dasar minyak karena pembersih ini secara efektif menghilangkan riasan, kotoran, dan kotoran tanpa perlu menggosok kulit terlalu keras, yang berarti akan membantu Anda menghindari gesekan dan iritasi bagi kulit psoriasis.

Baca juga: Tips Mengatasi Psoriasis seperti yang Dialami Kim Kardashian