Tips Mengatasi Psoriasis seperti yang Dialami Kim Kardashian

Kim Kardashian berpose di karpet merah untuk gala amfAR di New York, AS, Rabu, 6 Februari 2019. Kim dan kakaknya sama-sama menggunakan gaun rancangan Versace pada acara malam ini. REUTERS/Shannon Stapleton

kesehatan

Tips Mengatasi Psoriasis seperti yang Dialami Kim Kardashian

Selasa, 19 Maret 2019 18:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Psoriasis merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan dan pertumbuhan sel-sel kulit yang cepat. Gejalanya kulit dengan bercak merah bersisik dan gatal, yang sangat menyulitkan bagi sebagian orang. Salah satunya selebriti Kim Kardashian.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru 2019 Kim Kardashian Dimulai Seusai Natal

Psoriasis tidak dapat disembuhkan tapi ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyamarkan atau meredakan rasa gatalnya. Bintang reality show Kim Kardashian didiagnosis mengalami psoriasis pada tahun 2011. Sejak saat itu ia berjuang melawan kondisi telah berjuang penyakit autoimun tersebut. Ibunya, Kris Jenner juga menderita penyakit ini.

Kim Kardashian sempat kesal ketika menemukan ruam yang tidak merata di tubuhnya. Belum lama ini ia kembali mengungkapkan perasaannya tentang psoriasis yang dialaminya. "Pekerjaan saya melakukan kampanye iklan dan pemotretan baju renang, orang tidak mengerti tekanan pada saya untuk terlihat sempurna," katanya dalam salah satu episode Keeping Up With The Kardashians. "Ketika saya mendapatkan satu dolar, itu menjadi berita utama. Bayangkan apa yang akan dilakukan tabloid kepada saya jika mereka melihat semua bercak ini."

Ibu tiga anak ini juga menulis tentang psoriasis di aplikasinya. Bahwa ia memiliki bercak psoriasis di kaki kanannya. Kim Kardashian mengaku tak ingin lagi menutupinya, ia ingin semua orang melihatnya. Setelah bertahun-tahun mengalami psoriasis, ia mulai bisa menerima kondisinya itu. 

Selanjutnya: Cara Kim Kardashian meredakan gejala psoriasis