Kreasi Resep Kue dari Wortel, Muffin dan Cake Gula Merah

Ilustrasi jus wortel. StyleCraze

kuliner

Kreasi Resep Kue dari Wortel, Muffin dan Cake Gula Merah

Rabu, 4 Agustus 2021 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Wortel selalu dikaitkan dengan kesehatan mata karena memiliki antioksidan, yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata kita. Selain dikonsumsi untuk menu sayuran atau jus, wortel juga bisa dikreasikan melalui dua resep kue spesial untuk keluarga tercinta, lho. 

Berikut resep Muffin Wortel Mini dan Cake Carrot Gula Merah yang dibagikan oleh Tupperware:

1. Muffin Wortel Mini

Kreasi resep wortel muffin mini/Foto: Tupperware

Bahan:

150 g wortel100 g almond75 g gula pasir75 g gula semut120 ml minyak kanola120 ml susu cair rendah lemak1 buah telur1 sdm vanilla bubuk1 sdt kayu manis bubuk1 sdt baking powder1/2 sdt baking soda1/2 sdt garam240 g tepung terigu

Cara membuat:

- Panaskan oven ke suhu 180C.- Parut wortel dengan menggunakan Fusion Master Grater Fine Cone, kemudian sisihkan.- Ganti blade ke Coarse Cone dan parut almond, sisihkan.- Masukkan bahan II ke dalam Speedy Chef dan kocok hingga rata.- Campurkan bahan III dalam Speedy Chef dan aduk secukupnya.- Masukkan parutan wortel dan almond ke dalam adonan dan aduk hingga rata.- Tuang adonan ke dalam Tupperware Mini Muffin Silicon sampai memenuhi semua bagian. Taburkan parutan almond dan almond utuh ke atas adonan muffin sebagai hiasan.- Panggang muffin selama kurang lebih 12-15 menit atau hingga matang. Sajikan hangat.

2. Carrot Cake Gula Merah

Kreasi resep wortel carrot cake gula merah/Foto: Tupperware

Bahan:2 wortel sedang, kupas100 g tepung serbaguna75 g 1/3 cangkir gula merah75 g 1/3 cangkir gula merah100 ml 2 sdt baking powder5 ml 1 sdt kayu manis1 ml 1/4 sdt garam40 g 1/3 cangkir kacang, cincang menggunakan Turbo Chopper, lebihkan untuk garnish (hiasan)2 butir telur120 ml 1/2 cangkir minyak sayur2 ml 1/2 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:

- Keluarkan alas rak dan panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius- Potong wortel menjadi potongan berukuran sekitar 6 cm. Lalu gunakan Speedy Grater untuk memarut potongan wortel sehingga menghasilkan kurang lebih sebanyak 100 gr wortel parut.- Di dalam That’s A Bowl, campur semua bahan kering, yaitu kacang cincang dan wortel parut.- Kocok telur, minyak, dan ekstrak vanila di dalam bowl. menggunakan whisk hingga semua bahan tercampur rata.- Tambahkan bahan kering ke dalam bowl dan aduk dengan spatula sampai Anda memiliki adonan yang konsisten.- Tempatkan cetakan kue silicone baking form di atas alas rak oven dan tuangkan adonan ke dalamnya, ratakan menggunakan Spatula. Panggang selama 23-25 menit, tes menggunakan tusuk gigi, masukkan ke tengah kue dan cabut kembali. Jika tusuk gigi bersih, berarti kue sudah matang.- Diamkan selama 15 menit sebelum dikeluarkan dari cetakan. Setalah itu keluarkan kue dari cetakan dan biarkan dingin.

Siapkan icing: Aduk keju krim dan mentega cair menggunakan spatula kemudian tambahkan gula halus. Campur sampai halus. Ketika kue sudah benar-benar dingin, oleskan icing ke atas kue dengan spatula dan taburkan kacang.

Selain membagikan resep, Tupperware juga memperluas pasar dan memanjakan member serta para konsumen setia, yakni berkolaborasi dengan Pizza Hut dengan menghadirkan promo khusus di bulan Agustus – Oktober 2021.

Para konsumen setia Pizza Hut bisa mendapatkan potongan harga pembelian produk Tupperware dengan cara melakukan transaksi pembelian produk varian apapun di outlet Pizza Hut dengan minimal transaksi senilai Rp150.000,- Potongan harga tersebut akan diberikan dalam bentuk kode voucher 15 persen yang tertera di struk pembelanjaan setelah transaksi dilakukan.

Marketing Director Tupperware Indonesia Frangky P. Angelo mengatakanjika Tupperware berkomitmen untuk menjangkau masyarakat luas dengan menjalin beragam partnership, kali ini kami sangat senang mengumumkan kolaborasi kami dengan brand Pizza Hut.

"Kami ingin para konsumen setia Pizza Hut dapat dengan mudah mendapatkan produk Tupperware dengan promo spesial melalui Tuppershop kami. Terlebih kondisi pandemic saat ini, Tuppershop akan memberikan pengalaman transaksi yang aman dan nyaman bagi Konsumen Pizza Hut,” ucapnya melalui siaran pers, 

Sementara itu, Pizza Hut juga akan memberikan promo spesial bagi para member atau Sales Force Tupperware yang melakukan pembelian menu Large Pan Meat Lovers di outlet Pizza Hut. Para member akan mendapatkan potongan harga senilai 15 persen hanya dengan menunjukkan kartu Sales Force. Tupperware milik mereka. Promo ini berlaku untuk dine in dan take away.

Baca: 8 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia, Ada Wortel, Bayam, dan Kentang