Hari Persahabatan, Cara Tetap Erat dan Akrab Bareng Sahabat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi persahabatan. Shutterstock

Ilustrasi persahabatan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pentingnya persahabatan mendorong United Nations General Assembly untuk menetapkan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional. Hari istimewa ini adalah waktu di mana kita semua diajak mensyukuri persahabatan yang telah kita bangun dan pertahankan karena persahabatan mengedepankan kedamaian, kebahagiaan dan kebersatuan.

Indahnya persahabatan adalah mengetahui bahwa kita tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan sahabat kita walaupun kita memiliki banyak perbedaan dan tinggal berjauhan.

Professor Emeritus in Psychiatry, University of California, San Diego Saul Levine mengatakan kita semua membutuhkan sahabat. Persahabatan yang erat meningkatkan mood dan fungsi tubuh kita serta membantu kesehatan emosional dan fisik. Persahabatan harus dirawat dan dipertahankan selama bertahun.

"Sahabat bisa terbuka dan jujur dengan satu sama lain; mereka mentoleransi kelemahan masing-masing, menghargai perbedaan dan memberikan kritik jika perlu. Perasaan dan pengalaman yang kamu rasakan bersama sahabatmu di saat senang dan sulit menjadi kenangan paling indah," ucapnya melalui siaran pers Greenfields, Jumat, 30 Juli 2021. 

Kutipan di atas mencerminkan seberapa penting persahabatan, dan pentingnya persahabatan pun mendorong United Nations General Assembly untuk menetapkan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional.

Hari istimewa ini adalah waktu di mana kita semua diajak mensyukuri persahabatan yang telah kita bangun dan pertahankan karena persahabatan mengedepankan kedamaian, kebahagiaan dan kebersatuan. Indahnya persahabatan adalah mengetahui bahwa kita tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan sahabat kita walaupun kita memiliki banyak perbedaan dan tinggal berjauhan.

Di masa pandemi ini, kita dianjurkan untuk tetap di rumah masing-masing dan membatasi kegiatan di luar rumah. Hal ini tentunya mempengaruhi frekuensi kita untuk bertemu sahabat-sahabat kita. Kalau biasanya kita bisa bertemu di weekend, setelah pulang kerja, atau pun setiap hari di tempat kerja, kampus atau sekolah, sekarang mungkin sudah berminggu-minggu kita tidak bertemu.

Nah, bagaimana sih cara untuk tetap mempertahankan, bahkan mempererat persahabatan selama masa ini? Ikuti tips berikut:

Komunikasi virtual

Selama masa pandemi setahun terakhir ini, laptop dan handphone semakin penting artinya sebagai alat komunikasi. Karyawan kantor melakukan meeting dan presentasi melalui aplikasi meeting virtual, begitu juga murid-murid yang bersekolah secara virtual.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi komunikasi virtual untuk ngobrol dengan sahabatmu. Dia pasti mendengarkan curhatanmu dan memahami tantangan yang sedang kamu hadapi, dengan begitu kamu bisa merassa lebih lega. Berbagi cerita-cerita seru juga bisa bikin hubunganmu dengan sahabatmu tetap erat.

Main game online bersama

Selain melalui aplikasi komunikasi virtual, game online juga bisa menjadi cara untuk berkomunikasi dengan sahabatmu. Saat ini, game online sedang banyak dimainkan selama di rumah sebagai kegiatan untuk bersantai. Banyak game yang seru untuk dimainkan sendiri dan lebih seru lagi kalau dimainkan bersama. Cari game yang kamu dan sahabatmu sama-sama suka dan ajak dia untuk main bersama. Selain merasakan serunya bermain, kamu juga bisa main sambil ngobrol dan bercanda loh.

Membuatkan hadiah handmade

Saat ingin memberi hadiah, kamu bisa dengan mudah memilih barang-barang yang bisa ditemukan di berbagai website e-commerce. Memang, barang-barang ini seringkali kualitasnya bagus dan diproduksi oleh merek yang ternama, tapi sebuah hadiah akan lebih istimewa kalau dibuatkan secara khusus apalagi kalau kamu yang membuatnya sendiri. Di Hari Persahabatan Internasional ini, coba buatkan hadiah handmade untuk sahabatmu.

Hadiah sederhana seperti gelang, scrapbook atau frame foto pasti akan dihargai oleh sahabatmu. Sama seperti hadiah, kamu bisa memesan makanan dari restoran-restoran terkenal untuk dikirim ke sahabatmu.

Mengirimkan makanan homemade

Sama seperti hadiah, kamu bisa memesan makanan dari restoran-restoran terkenal untuk dikirim ke sahabatmu. Memang makanan-makanan ini juga pasti dihargai dan dinikmati oleh sahabatmu. Tapi, kalau kamu mencoba memasak sendiri, usaha yangkamu berikan akan lebih dihargai. Terkadang makanan yang kamu masak sendiri mungkin belum sama enaknya seperti yang dijual di restoran, tapi artinya akan jauh lebih berarti bagi sahabatmu. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengirimkan hasil masakanmu ke sahabatmu.

Baca: Pentingnya Punya Sahabat untuk Kesehatan Mental Anda, Menurut Psikolog

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."