Viral Foto Seleb Tiktok Nazwa Fidhia, Hati-hati Berbagi Informasi Pribadi

Ilustrasi bermain media sosial. (Unsplash/Leon Seibert)

ragam

Viral Foto Seleb Tiktok Nazwa Fidhia, Hati-hati Berbagi Informasi Pribadi

Selasa, 27 Juli 2021 16:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kasus aktris dan selebgram instagram (selebgram) yang tersandung masalah personal baik foto dan video yang tersebar di jagat media sosial bertambah lagi. Setelah sebelumnya pernah ramai kasus Gisella Anastasia yang videonya tersebar di Twitter, kini nama seleb Tiktok yang dikenal dengan aksi lipsync Nazwa Fidhia menjadi viral.

Musababnya, perempuan kelahiran tahun 2005 itu menjadi trending karena foto dia beredar yang diketahui sedang berada di suatu lokasi bersama seorang lelaki. Dalam foto yang viral tersebut terlihat dirinya sedang video call namun juga ada seorang lelaki yang terlihat jelas dari pantulan cermin.

Foto tersebut viral di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Tiktok. Foto yang telah beredar itu pun ramai dan dibanjiri komentar dari warganet. Hingga kini belum diketahui siapa yang menyebarkan foto tersebut.

Nazwa Fidhia merupakan seleb Tiktok yang terkenal dengan gaya lipsync-nya di akun tiktok. Ketenaran Nazwa di aplikasi media sosial TikTok dibuktikan dari jumlah followersnya yang mencapai 1,7 juta.

Menyoal video atau foto yang bisa dengan mudah tersebar di media sosial, jika melansir dari laman Justicegov, Selasa 27 Agustus 2021, disebutkan jika pengguna akun media sosial harus berhati-hati dalam melindungi data informasi pribadi mereka. 

Pikirkan sebelum Anda memposting sesuatu secara online atau berbagi informasi dan dokumentasi dalam email terlebih untuk hal yang sifatnya pribadi. Apa yang Anda posting secara online, dapat dilihat oleh siapa saja.

Berbagi informasi pribadi dengan orang lain yang tidak Anda kenal secara pribadi adalah salah satu risiko terbesar Anda secara online. Berbagi informasi sensitif seperti alamat Anda, nomor telepon, nama anggota keluarga, informasi mobil, kata sandi, riwayat kerja, status kredit, nomor jaminan sosial, tanggal lahir, nama sekolah, informasi paspor, nomor SIM, nomor polis asuransi, nomor pinjaman , nomor kartu kredit/debit, nomor PIN, dan informasi rekening bank berisiko dan harus dihindari.

Pertimbangkan untuk menghapus nama Anda dari situs web yang membagikan informasi pribadi Anda yang diperoleh dari catatan publik (termasuk nomor telepon, alamat, avatar media sosial, dan gambar Anda) dengan siapa pun di internet.

Begitu pula dengan foto yang diambil dari smartphone menyematkan Kkordinat GPS di foto, yang memungkinkan orang lain mengetahui lokasi pengambilan gambar dan dapat digunakan untuk menemukan Anda. Waspadalah terhadap hal ini saat memposting foto ke media sosial. 

Ingatlah bahwa gambar yang diposting secara online dapat disalin, diubah, dan dibagikan dengan banyak orang tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda, kecuali jika Anda menggunakan pengaturan privasi untuk membatasi siapa yang memiliki akses ke gambar tersebut.

Baca: Suami Istri Curhat Masalah Rumah Tangga di Media Sosial, Ini Kata Psikolog