5 Kiat Agar Tetap Termotivasi selama Belajar dari Rumah

Ilustrasi anak perempuan belajar dari rumah. Unsplash.com/Kyle Gregory Devaras

ragam

5 Kiat Agar Tetap Termotivasi selama Belajar dari Rumah

Kamis, 22 Juli 2021 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaBelajar dari rumah bisa menjadi tantangan karena dihadapkan dengan beragam gangguan. Misalnya, pekerjaan rumah, tidur, bermain game, menonton televisi, atau bersantai. Di tengah semua gangguan ini, Anda bisa kehilangan motivasi belajar dan mulai menunda-nunda selama berhari-hari.

Untuk menghindari hal itu, pentingnya menciptakan suasana yang bikin tetap semangat dan termotivasi belajar dari rumah. Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari laman Pink Villa, Kamis, 22 Juli 2021.

1. Buat rutinitas

Langkah pertama adalah membuat rutinitas yang ketat dan menaatinya. Jangan sampai kehilangan fokus dan pastikan Anda mengikuti rutinitas tersebut hingga menjadi kebiasaan. Buat jadwal dan tentukan slot waktu tertentu untuk belajar di siang hari.

2. Lakukan power nap

Jika Anda lelah dan butuh istirahat, sebaiknya lakukan tidur siang singkat selama 20-30 menit atau power nap. Usai power nap, Anda lebih berenergi, pikiran lebih segat, dan bikin belajar lebih lama. Tapi hati-hati, jangan tergoda untuk tidur siang lebih lama karena bisa membuat Anda jadi malas belajar.

3. Buat zona belajar

Buat zona belajar di rumah agar Anda dapat menghindari gangguan dan memanfaatkan waktu Anda secara produktif.

4. Berkomunikasi dengan teman sekelas Anda

Tetap berhubungan dengan teman sekelas Anda membicarakan soal tugas atau obrolan ringan yang membuat Anda semangat. Anda akan termotivasi melalui mereka dan  mencatat informasi yang mungkin Anda lewatkan.

5. Hindari multitasking

Saat belajar dari rumah, pastikan Anda hanya melakukan satu tugas pada satu waktu dan fokus pada belajar Anda daripada mengambil banyak tugas dalam waktu bersamaan atau multitasking. Hindari multitasking yang membuat Anda lebih cepat lelah dan pastikan Anda membagi tugas Anda sesuai dengan slot waktu tertentu.

Baca juga: Simak Cerita Anak yang Kelelahan Selama Belajar dari Rumah

PINK VILLA