Pentingnya Mulai Konsumsi Vitamin Prenatal di Awal Kehamilan untuk Ibu dan Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terdapat banyak batasan pada jenis obat dan suplemen yang dapat Anda konsumsi selama kehamilan - tetapi vitamin prenatal atau di masa awal kehamilan tidak hanya diperbolehkan, tetapi juga sangat dianjurkan.

Kondisi prenatal yang baik dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh, dan memastikan bahwa Anda berdua mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk melewati 9 bulan kehamilan.

Kapan Anda harus mulai mengonsumsi vitamin prenatal? Melansir dari laman Healthline, Rabu 21 Juli 2021, pertama yakni ketika Anda memutuskan untuk melakukan program hamil dan siap membangun sebuah keluarga. Selain menjadwalkan kunjungan yang baik ke dokter kandungan Anda, berhenti menggunakan alat kontrasepsi, dan menghindari perilaku tidak sehat seperti merokok, Anda harus mulai mengonsumsi vitamin prenatal.

Anda tidak akan dapat memprediksi berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk hamil — bisa berminggu-minggu atau berbulan-bulan — dan Anda tidak akan tahu bahwa Anda telah berhasil sampai beberapa minggu setelah pembuahan. Vitamin prenatal adalah bagian penting dari perawatan prakonsepsi.

Kedua, segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda hamil. Jika Anda belum mengonsumsi vitamin prenatal, Anda harus mulai segera setelah Anda mendapatkan tanda kehamilan positif pada alat pemeriksa kehamilan atau test pack.

Mengapa kebutuhan vitamin penting di masa kehamilan? Sebab calon janin.
akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya langsung dari Anda, sehingga mudah mengalami kekurangan vitamin dan mineral penting selama kehamilan. Sehingga penting memastikan tubuh Anda memiliki apa yang dibutuhkan untuk memberi makan Anda berdua dan jauh lebih mudah jika Anda memulainya sebelum bayi lahir.

Jika Anda memiliki lebih dari cukup vitamin dan nutrisi yang Anda butuhkan di masa kehamilan, maka Anda dapat berbagi vitamin dan nutrisi itu dengan bayi Anda saat mereka tumbuh. Biasanya dokter kandungan Anda akan menyarankan merek tertentu atau bahkan menawarkan resep vitamin.

Baca: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini saat Program Hamil

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."