Benarkah Gadget Tidak Selalu Buruk bagi Anak? Simak Faktanya

Ilustrasi ibu mengawasi anaknya bermain gadget. shutterstock.com

keluarga

Benarkah Gadget Tidak Selalu Buruk bagi Anak? Simak Faktanya

Rabu, 21 Juli 2021 08:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah menetapkan kebijakan yang membatasi kegiatan di luar rumah, termasuk menerapkan pembelajaran secara daring. Jika dulunya orang tua cenderung melarang anak-anak menggunakan gadget seperti tablet dan smartphone, maka kini kedua gadget tersebut memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran. 

Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini, sangat berdampak pada banyak aspek, termasuk aspek pembelajaran di mana peserta didik mengikuti proses belajar online dari rumah. Dengan kemajuan teknologi yang bisa membantu peserta didik untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru dengan menggunakan gadget.

Anak-anak menjadi terbiasa mengikuti kelas dan bersosialisasi secara virtual. Orang tua perlu mengarahkan anak untuk menggunakan gadget untuk hal yang positif dan menumbuhkan sikap kritis terhadap anak mengenai dampak negatif dari gadget. 

Menurut Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8, menggunakan teknologi dengan tepat memungkinkan anak untuk mengendalikan medium dan hasil pengalaman mereka, menjelajahi fungsi dari teknologi tersebut, dan membayangkan bagaimana menggunakannya dalam hidup.              

Ingin tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan anak dari smartphone, berikut seperti yang dilansir dari laman Office of Educational Technology, The Impact of using Gadgets on Children.

• Melatih kemampuan motorik anak

Ketemampuan motorik adalah keterampilan yang berkaitan dengan gerakan kecil jari, pergelangan tangan, dan lainnya. Menggunakan keyboard dan keypad pada smartphone adalah gerakan yang baik untuk anak dengan minim resiko. Anak pun akan lebih bisa menggunakan tangan dan jari mereka dalam waktu yang singkat.

• Meningkatkan keterampilan kognitif anak

Keterampilan kognitif adalah kemampuan untuk memroses informasi, pemikiran serta mengingat dan menghubungkan satu hal dengan hal yang lain. Permainan dan aplikasi interaktif yang bisa diakses lewat smartphone dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif anak terutama jika permainan yang mereka mainkan adalah permainan teka-teki atau menggambar.

• Kompetisi

Anak pasti suka bermain game. Jika diarahkan dengan benar, maka bermain game bisa memberikan mereka kemampuan untuk berkompetisi dengan sportif. Hal ini juga akan berguna terutama bagi anak dalam menghadapi tantangan di masa depan.

• Edukasi

Teknologi sudah banyak membantu proses edukasi anak. Dengan menggunakan smartphone, anak bisa mengakses situs-situs edukasi di internet dan menemukan banyak materi riset yang sangat berguna. Presentasi visual, video edukasi, program interaktif, tutorial belajar dan berbagai macam buku dapat ditemukan setiap saat di internet. Selama satu tahun terakhir pun anak-anak sudah belajar di sekolah secara virtual dengan guru dan teman-teman mereka.

• Pengawasan orang tua

Saat anak menggunakan gadget seperti smartphone, orang tua berperan dalam mengawasi dan memastikan bahwa smartphone dapat memberikan manfaat lebih.

Dengan padatnya kegiatan belajar online untuk pembelajaran dan bersosialiasi, tidak ada salahnya anak-anak dibekali dengan smartphone untuk membantunya menjalani aktivitas sehari-hari, asalkan selama proses penggunaan ada pendampingan dari orang tua. 

Baca: 3 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Anak Mengenal Gadget