Ajarkan Kreativitas, Yuk Ajak Anak Bikin Kerajinan Tangan agar Tidak Bosan

Dua orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) mengikuti pelatihan kerajinan tangan di Balai Mulya Jaya, Jakarta, Kamis 7 Mei 2020. Balai Mulya Jaya di Jakarta yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial, sejak 30 April 2020 telah menjadi Tempat Penampungan Sementara (TPS) dan pelatihan keterampilan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena terdampak COVID-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

keluarga

Ajarkan Kreativitas, Yuk Ajak Anak Bikin Kerajinan Tangan agar Tidak Bosan

Selasa, 20 Juli 2021 13:12 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang sudah memasuki tahun kedua terkadang membuat para orang tua mati gaya untuk menemukan aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak-anak.

Tita Djumaryo, pendiri dari Ganara Art Studio membagikan sejumlah kiat tetap kreatif di rumah yang bisa dilakukan orang tua bersama anak-anak. "Cari kegiatan yang mudah dan murah, art crafting itu sebenarnya bisa dilakukan sejak dini, bahkan usia di bawah tiga tahun bisa dimulai dengan doodling, kalau usia di atas tiga dan sudah pakai gunting dan lem haru selalu didampingi orang dewasa," kata Tita dalam Talkshow series di Instagram @hometowndairy.id dikutip Selasa 20 Juli 2021.

Selain melatih motorik halus, art crafting menurut Tita bisa melatih kepekaan rasa anak-anak dan juga bisa mengalihkan perhatian anak atas rasa bosan karena harus berada di dalam rumah selama masa pandemi.

Pada episode ketiga topik talkshow bertajuk “Kreasi Creative Handcrafting”, tutorial upcycling, yaitu kegiatan penggunaan kembali barang secara kreatif menggunakan kemasan susu. Kemasan susu bisa dilukis menggunakan cat akrilik sehingga bisa diubah menjadi pot tanaman yang dapat digunakan kembali dan menjadi karya yang cantik untuk dipajang di rumah.

Pertama-tama, Tita menggambar pola dengan spidol pada permukaan susu. Setelah itu permukaan bisa dicat dengan cat akrilik. "Kegiatan kreatif sangat penting karena akan melatih otak. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini di mana semua serba online. Dan, di rumah terus kalau mereka tidak dilatih kepekaannya melalui seni, apapun seninya baik, seni musik, tari, atau seni gambar, mereka tidak terasah rasa dan karsanya serta empatinya, mereka bisa melupakan sejenak kondisi yang terjadi saat ini," katanya.

Tita mengatakan, jika para orang tua khawatir dengan keamanan bahan kimia cat, bisa menggunakan cat makanan atau cat yang benar-benar berbahan alami.

Tita juga mengatakan bahwa di dalam berkreasi juga diperlukan nutrisi seimbang. "Sebenarnya anak-anak penuh energi tetapi kalau tidak ada asupannya akan lemes juga. Tidak bisa dipungkiri kalau kita harus di rumah saja gizi seimbang sangat penting karena kalau tidak bergerak tetapi makannya tidak dijaga, bisa menuju obesitas. Susu Hometown Dairy sangat membantu karena tidak ada tambahan pemanis sehingga anak-anak tidak terjadi sugar rush," kata Tita.

Baca: Anak Terpapar Covid-19? Sediakan Vitamin Ini di Rumah