Berikut Urutan Memasukkan Bahan Smoothie ke Blender, Awali dengan Cairan

Smoothie kunyit. (Hellomagazine.com)

kuliner

Berikut Urutan Memasukkan Bahan Smoothie ke Blender, Awali dengan Cairan

Jumat, 9 Juli 2021 09:05 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang minum smoothie sebagai menu sarapan. Selain mudah dibuat, smoothie juga kaya gizi karena terdiri dari sayuran, buah, yogurt, susu, air kelapa, biji-bijian hingga bubuk protein. 

Menyoal cara membuatnya yang mudah, sebenarnya ada urutan tepat saat memasukkan bahan-bahan smoothie ke dalam blender. Tujuannya mendapatkan konsistensi yang tepat, tak merusak kandungan gizi, dan mempermudah blender mencampur.

Berikut urutan yang tepat memasukkan bahan smoothie ke dalam blender, dikutip dari laman Well + Good, Kamis, 8 Juli 2021.

1. Mulailah dengan cairan

Langkah pertama selalu memasukkan cairan. Jika Anda menggunakan susu, alternatif susu, jus, atau air kelapa, itulah bahan pertama yang dimasukkan ke dalam blender.

2. Tambahkan bubuk halus

Bagi Anda yang penggemar bubuk protein atau selai kacang bubuk, masukkan bahan-bahan ini setelah cairan. Langkah ini baik untuk mencegah penggumpalan dan berkapur.

Baca juga: 5 Resep Smoothie Sehat untuk Sarapan

3. Masukkan buah dan sayuran segar 

Setelah bubuk halus, masukkan sayuran dan buah favorit Anda. Lebih baik dipotong dalam ukuran kecil agar dapat tercampur sempurna. Selain itu, masukkan yang lebih lembut di urutan pertama (seperti beri, pisang, dan persik) dan buah yang lebih keras di urutan kedua, sehingga beratnya bisa menekan bahan lainnya.

Ilustrasi smoothie mangga. Pixabay.com/fernandovillalobos

4. Tambahkan kirim

Berikutnya adalah bahan krim seperti yogurt, selai kacang, atau tahu sutra.

5. Bahan beku

Akhiri dengan buah beku, es batu, kacang, dan bahan keras lainnya di atasnya. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa ditambahkan di urutan terakhir ini.

Jadi, letakkan bahan yang paling cair di bagian bawah dan akhiri dengan bahan paling padat di atas. Bahan-bahan yang lembut berada di antaranya. Mengapa urutan bahan penting saat membuat smoothie?

Anda ingin pisau blender dapat mulai berputar dengan kecepatan penuh sebelum bahan yang lebih berat dan lebih keras dapat menghentikannya. Metode ini juga membantu Anda menghindari fenomena yang dikenal sebagai kavitasi, yang terjadi ketika campuran bahan Anda terlalu dingin. Kavitasi menyebabkan kantong udara terbentuk di sekitar pisau, sehingga menghambat pencampuran apa pun. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan ada banyak ruang antara bahan dingin dan keras Anda dengan cairan di bagian bawah.

Semoga kiat di atas bisa membantu membuat smoothie favorit Anda.

WELL + GOOD