5 Resep Smoothie Sehat untuk Sarapan

Ilustrasi Smoothies Apel. Shutterstock

kuliner

5 Resep Smoothie Sehat untuk Sarapan

Kamis, 11 Maret 2021 09:17 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaJika Anda ingin sarapan cepat dan sehat, smoothie adalah pilihan yang bagus. Anda bisa membuatnya dengan buah atau menambahkan beberapa sayuran berdaun hijau untuk meningkatkan nutrisi.

Berikut 5 resep smoothie dengan paduan sayur dan buah.

1. Smoothie Bayam & Alpukat

Smoothie hijau yang sehat ini menjadi sangat lembut dari pisang beku dan alpukat. Buat dan simpan di lemari es sampai Anda membutuhkan tambahan sayuran.

Bahan

1 cup nonfat plain yogurt

1 cup bayam segar

1 pisang beku

¼ alpukat

2 sdm air

1 sdt madu

Cara membuat

Campur yogurt, bayam, pisang, alpukat, air, dan madu ke dalam blender. Aduk hingga lembut. Tuang ke dalam gelas dan simpan di kulkas agar dingin. 

2. Smoothie Yogurt dan Buah

Resep smoothie buah dan yogurt ini hanya membutuhkan tiga bahan, yakni yogurt, jus buah, dan buah beku apa pun yang Anda miliki. Gabungkan kombinasi Anda dari hari ke hari untuk sarapan atau camilan sehat yang tidak akan pernah membuat Anda bosan.

Bahan

3/4 cup nonfat plain yogurt 

1/2 cup 100% jus buah segar

1 1/2 cups buah-buahan beku, seperti blueberry, raspberrie, nanas, atau peach. 

Cara membuat

Haluskan yogurt dengan jus dalam blender hingga halus. Saat motor menyala, tambahkan buah melalui lubang di tutupnya dan terus haluskan hingga halus.

3. Smoothie Nanas Sayur

Gunakan pisang matang untuk menambah tekstur smoothie Greek yogurt Yunani, bayam dan nanas ini. Biji chia menambahkan lemak omega-3 yang sehat, serat dan sedikit protein untuk tambahan nutrisi.

Bahan:

½ cup susu almond tanpa gula

cup nonfat plain Greek yogurt

1 cup bayam

1 cup pisang beku 

½ cup nanas beku potong

1 sdm chia seeds

1-2 sdm madu

Cara membuat

Tambahkan susu almond dan yogurt ke dalam blender, lalu tambahkan bayam, pisang, nanas, chia dan pemanis (jika menggunakan); blender sampai halus.

Baca juga: Lebih Sehat Jus atau Smoothie? Ini Penjelasan Ahli Gizi

4. Smoothie Stroberi Cokelat

Smoothie cokelat-stroberi yang kental dan lembut ini akan memuaskan hasrat cokelat apa pun. Ini juga bisa jadi pilihan buat Anda sebagai makanan penutup.

Bahan

1 ½ cangkir stroberi beku

1 cangkir susu almond coklat tanpa pemanis dingin, ditambah lagi jika perlu

1 sendok makan mentega almond

1 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis

1 sendok makan madu

Cara membuat

Campurkan stroberi, susu almond, mentega almond, coklat dan madu dalam blender. Proses sampai halus, tambahkan lebih banyak susu almond, jika perlu, untuk konsistensi yang diinginkan. Sajikan segera smoothie ini.

5. Smoothie Mangga Jahe

Lentil atau miju-miju merah adalah sumber protein nabati dalam resep smoothie sehat ini. Miju-miju menambahkan protein 3 gram lebih banyak daripada porsi yogurt tanpa lemak tanpa lemak dan 4 gram lebih banyak serat daripada porsi bubuk protein biasa.

Bahan

½ cangkir lentil atau miju-miju merah matang, dinginkan

1 cangkir potongan mangga beku

¾ cangkir jus wortel

1 sendok teh jahe segar cincang

1 sendok teh madu

Sejumput kapulaga bubuk, ditambah lagi untuk hiasan

3 buah es batu

Cara membuat

Untuk memasak miju-miju merah: Masak dalam air mendidih sampai empuk, kurang lebih 15 menit. Tiriskan dan dinginkan. (1 cangkir kering = 2 1/2 cangkir masak.) Dinginkan hingga 3 hari. Atau bekukan dalam 1/2 cangkir porsi, ini bisa disimpan hingga 3 bulan, cairkan sebelum digunakan.

Cara membuat smoothieMasukkan lentil, mangga, jus wortel, jahe, madu, kapulaga, dan es batu ke dalam blender. Blender dengan kecepatan tinggi hingga sangat halus, 2 hingga 3 menit. Hiasi dengan lebih banyak kapulaga, jika diinginkan.

Baca juga: Overnight Oat, Menu Makanan Sehat untuk Jantung

EATING WELL